Indozone ID Menulis artikel
@indozone

#KAMUHARUSTAU, Otak Mampu Membangunkanmu di Pagi Hari, Tak Perlu Alarm Lagi

KAMUHARUSTAU Otak Mampu Membangunkanmu di Pagi Hari Tak Perlu Alarm Lagi

INDOZONE.ID - Otak manusia merupakan bagian tubuh yang paling penting lantaran semua panca indera dan sistem syaraf diatur oleh bagian tubuh ini. Oleh karena itu, otak menjadi salah satu hal yang cukup mendapat perhatian untuk dijaga kesehatannya.

Namun, lebih dari hal tersebut, ternyata otak memiliki fungsi yang tak terduga. Buang alarm jam kamu, karena otak mampu untuk melakukan hal itu. Otak mampu membangunkan kamu tepat waktu.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Sering Bangun Tidur Sebelum Alarm Bunyi?

Hal ini biasanya berlaku bagi mereka yang bekerja dan bersekolah, bangun pagi menjadi hal yang wajib dilakukan oleh mereka. Nah biasanya kebanyakan orang zaman sekarang mengandalkan alarm sebagai pembantu mereka untuk bangun di pagi hari.

Otak mampu jadi alarm tidurIlustrasi Reaksi Otak. (teen.co.id)

Padahal hal tersebut tak perlu dilakukan oleh setiap orang, lantaran otak mampu melakukan pekerjaan tersebut. Jika seseorang memiliki jadwal tidur harian yang teratur, maka otak mampu membangunkan pemiliknya secara otomatis.

Menurut hasil penelitian dari University of Coloumbia, otak membangunkan pemiliknya dengan cara mengeluarkan hormon khusus selama beberapa jam sebelum jadwal bangun orang tersebut. Saat hormon tersebut sudah terakumulasi, orang tersebut akan bangun dengan sendirinya.

Karena mekanisme ini pulalah, tak jarang seseorang mampu bangun hanya beberapa menit sebelum alarm jam yang disetelnya berbunyi. Meskipun begitu, kadang-kadang seseorang bisa bangun melampaui jadwal bangun rutinnya. Hal ini dikarenakan orang tersebut sedang berada dalam kondisi terlalu lelah atau karena orang tersebut tidur lebih larut daripada biasanya.

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar