GenPi.co Menulis artikel
@genpico

Reuni 212 di Patung Kuda Bakal Ambyar, Jalan Ditutup dan Disekat

Reuni 212 di Patung Kuda Bakal Ambyar Jalan Ditutup dan Disekat

GenPI.co - Rencana Reuni 212 di Patung Kuda sepertinya bakal ambyar. Banyakjalan yang ditutup dan disekat aparat kepolisian.

Hingga pukul 09.00 WIB, jalan sekitar Patung Kuda terlihat lengang. Pemandangan dari atas Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf kosong melompong.

Tak ada kerumunan massa yang terlihat. Jalanan justru sangat sunyi.

Mulai Rabu (1/12/2021) malam , Polda Metro Jaya telah melakukan penyekatan dan penutupan sejumlah jalan untuk mengantisipasi membludaknya massa reuni 212.

<[kwik-adsinhere]>

Aktivitas perkantoran sedikit dimodifikasi. Warga diimbau mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

Agenda besar ini belum mendapatkan izin digelar di Jakarta. Namun, setelah memperhatikan situasi dan perkembangan, panitia berniat tetap menggelar acara di Ibu Kota.

"Setelah memperhatikan situasi dan perkembangan yang ada, serta masukan dari ulama dan umat, maka Reuni Alumni 212 tahun 2021 akan diadakan dalam bentuk Aksi Superdamai," kata Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya dalam keterangan yang diterima, Rabu (1/12/2021).

Aksi Superdamai itu bertempat di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis pukul 08.00-11.00 WIB.

Dalam keterangannya, panita meminta seluruh peserta aksi wajib menjaga protokol kesehatan dan ciri khas 212.

"Surat pemberitahuan ke Polda Metro Jaya telah diberikan hari Senin, 29 November 2021, pukul 14.00-14.50 WIB," ucap Eka.

Polisi pun bergerak cepat. Antipasi penutupan jalan dan penyekatan langsung dilakukan.

Salah satu titik yang akan dilakukan penyekatan yakni di kawasan Semanggi, Tugu Tani, dan Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pengendara yang menggunakan atribut massa 212 dilarang melewati kawasan tersebut.

"Kawasan-kawasan yang menuju ke daerah ini nanti kami akan melaksanakan filterisasi, artinya seperti misalnya di Semanggi, Tugu Tani, kemudian sepanjang jalan Sudirman Thamrin, khusus untuk masyarakat masih bisa melintas," kata Sambodo kepada wartawan, Rabu.

Pesannya jelas. Massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas.

Penyekatan di perbatasan Jakarta Tak hanya dilakukan di pusat kota, polisi juga sudah mulai menyisir perbatasan atau akses masuk menuju ibu kota.

Wilayah perbatasan akan menjadi lokasi penyekatan pertama agar massa tidak masuk sampai Jakarta.

Salah satunya ada di kawasan Tangerang Selatan di Pertigaan Bintaro Sektor 3, Pondok Aren Pertigaan Sandratex, Ciputat.

Berikut titik-titik penyekatan dan pentupan yang dilakukan kepolisian:

Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup. Pengendara dialihkan ke Jalan Perwira.

Jalan Veteran Raya menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup.

Jalan Medan Merdeka Selatan ke arah Monas ditutup. Pengendara dari kawasan Tugu Tani akan dialihkan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.

Jalan MH Thamrin mengarah Jalan Medan Merdeka Barat ditutup di Patung Kuda Arjuna Wiwaha.Pengendara diarahkan ke Jalan Kebon Sirih.

Jalan Majapahit ditutup. Pengendara dari arah Jalan Hayam Wuruk maupun Jalan Suryopranoto diarahkan ke Jalan Ir H Juanda.

Jalan Budi Kemuliaan mengarah Patung Kuda Arjuna Wiwaha ditutup. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Medan Merdeka Barat ditutup.

Jalan Veteran Raya, Jalan Abdul Muis menuju Majapahit, Jalan Kebon Sirih menuju Wahid Hasyim, dan Jalan Sunda juga dilakukan pengalihan arus. (*)

Lihat video seru ini:

Sumber: genpi.co
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar