Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Mengonsumsi Zat Kafein dalam Jumlah Banyak Memberi Efek Negatif untuk Tubuh!

Mengonsumsi Zat Kafein dalam Jumlah Banyak Memberi Efek Negatif untuk Tubuh

INDOZONE.ID - Kopi dan teh merupakan salah satu minuman yang paling diminati banyak orang saat pagi hari. Ini karena minuman itu dipercaya dapat membuat kita semangat dalam menjalani hari karena mengandung zat kafein.

Kafein sendiri adalah zat psikoaktif yang terjadi secara alami dan terdapat dalam minuman kopi. Hanya saja, terdapat hasil dari penelitian yang justru bertentangan tentang keamanan dan dampak jangka panjang jika mengonsumsi secara terus menerus.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, ada banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa asupan kafein moderat meningkatkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk dengan risiko kanker tertentu, kondisi otak, hingga masalah hati yang rendah. Kafein bertindak sebagai stimulan dengan mengaktifkan sistem saraf pusat (SPP) yang bertindak melawan kelelahan dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. 

Tetapi mengonsumsi kafein juga memberikan dampak negatif untuk tubuh, bahkan jika diminum terlalu banyak akan menyebabkan efek samping. Terdapat penelitian pada 2015 yang mengidentifikasi beberapa efek samping dari mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein per harinya, termasuk dengan detak jantung yang cepat, kecemasan, hingga dengan getaran di tubuh. 

Beberapa kondisi justru  bisa menjadi tergantung secara fisik pada kafein. Hal inilah yang kemudian menyebagkan sejumlah gejala, seperti dengan sakit kepala, kelelahan, kantuk, hingga suasana hati yang rendah.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar