GenPi.co Menulis artikel
@genpico

Waduh, Ada Kendala pada Sistem Peringatan Dini Bencana Indonesia

Waduh Ada Kendala pada Sistem Peringatan Dini Bencana Indonesia

GenPI.co - Ketua BMKG Dwikorita Ratnawati membeberkan kendala sistem peringatan dini (early warning system) terhadap potensi bencana di Indonesia.

Menurut Dwikorita, yang menjadi persoalan saat ini ialah rantai informasi terputus di BPBD, sehingga tidak tersampaikan ke masyarakat.

Hal itu disampaikan Dwikorita dalam webinar bertajuk "Early Warning System Tsunami dan Kebencanaan di Indonesia", Kamis (16/09)

"Contohnya di Palu, Informasi sudah sampai ke BPBD, tetapi petugas yang menerima itu tidak ada karena saat gempa petugasnya meninggalkan tempat itu, sehingga tidak ada yang menekan tombol sirene peringatan," ujar Dwikorita.

<[kwik-adsinhere]>

Dwikorita mengatakan, sistem peringatan dini harus komprehensif, holistik, menyeluruh, dan aturannya saling terintegrasi.

"Karena sumber data dan informasinya dari BMKG kemudian diteruskan ke hilir atau kultur yang meliputi BNPB, BPBD, Kominfo, TNI, Polri dan lainnya," jelasnya.

Dia mengatakan, BMKG sampai saat terus berupaya mewujudkan mitigasi agar masyarakat selamat dari bencana gempa maupun tsunami.

"Yaitu dengan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai peta bahaya dan peta evakuasi bencana dan membangun struktur tahan tsunami," katanya.

Selain itu, BMKG juga terus melakukan perbaikan peringatan dini bencana, menyediakan sirene tsunami, rambu evakuasi, dan langkah evakuasi mandiri serta menyediakan hutan pantai.

"Dan moda diseminasi yang memungkinkan pengiriman informasi peringatan dini langsung melalui handphone secara real time," ujarnya. (*)

Video viral hari ini:

Sumber: genpi.co
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar