Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Peristiwa 8 Juni: Wafatnya Nabi Muhammad hingga Kelahiran Soeharto

Peristiwa 8 Juni Wafatnya Nabi Muhammad hingga Kelahiran Soeharto

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa bersejarah tercatat terjadi pada hari 8 Juni yang tepat jatuh pada hari ini. Beberapa momen menarik tersebut terus dikenang hingga saat ini.

Peristiwa-peristiwa bersejarah pernah terjadi pada 8 Juni mulai dari meninggalnya Nabi Muhammad SAW hingga kelahiran Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Selain itu, ada pula beberapa kejadian-kejadian lain di masa lalu yang juga masuk dalam sejarah hingga masa kini.

Berikut Indozone merangkum deretan peristiwa penting yang terjadi pada 8 Juni.

1. Nabi Muhammad meninggal dunia

Kaligrafi Nabi Muhammad SAW (Wikipedia).Kaligrafi Nabi Muhammad SAW (Wikipedia).

Muhammad lahir di Mekah pada tahun 57 masehi dan meninggal di Madinah pada 8 Juni 632 masehi. Muhammad adalah seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat Muslim.

Ia mulai menyebarkan agama Islam dan menjadi Nabi yang mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Muhammad sama-sama menegakkan ajaran tauhid untuk mengesakan Allah sebagaimana yang dibawa nabi dan rasul sebelumnya.

Baca Juga: Peristiwa 7 Juni: Lahirnya Komnas HAM hingga Pemilu Pertama di Era Reformasi

2. Kelahiran Soeharto

Soeharto (Wikipedia/5 Tahun Masa Bakti Bapak Try Sutrisno).Soeharto (Wikipedia/5 Tahun Masa Bakti Bapak Try Sutrisno).

Soeharto lahir di Kemusuk, Bantul Yogyakarta pada 8 Juni 1921 dan menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia pada 1967 hingga 1998 menggantikan presiden pertama, Soekarno. 

Di dunia nternasional, Soeharto mendapatkan julukan The Smiling General atau Sang Jenderal yang Tersenyum karena raut mukanya yang terlihat ramah, namun ia dikenal sebagai pemimpin yang otoriter bagi siapa pun yang tak sejalan dengannya. 

3. James Earl Ray ditangkap dengan tuduhan membunuh Martin Luther King Jr

Martin Luther King Jr. (Wikipedia/Nobel Foundation).Martin Luther King Jr. (Wikipedia/Nobel Foundation).

James Earl Ray lahir di Alton, 10 Maret 1928 dan meninggal di Nashville, 23 April 1998 pada umur 70 tahun adalah pelaku kriminal berkebangsaan Amerika Serikat keturunan Irlandia, yang didakwa bersalah atas pembunuhan Martin Luther King, Jr. pada tanggal 4 April 1968, 5 tahun setelah pidatonya yang terkenal I Have a Dream pada tahun 1963.

James Earl Ray dijatuhi hukuman 99 tahun penjara atas kejadian itu. Ray berjuang untuk membuka kembali kasus tersebut sampai saat kematiannya, dan didukung oleh salah satu putra King yang masih hidup, Dexter Scott King. Ray mengaku tidak pernah membunuh Martin Luther King Jr, namun senjata yang digunakan sang pelaku sama dengan miliknya.

4. Pembukaan Piala Dunia FIFA 1990

Piala Dunia Italia 1990 (Wikipedia).Piala Dunia Italia 1990 (Wikipedia).

Piala Dunia FIFA 1990 dilangsungkan di Italia. Semangat permainan bertahan ala tuan rumah yang dikenal dengan sebutan cattenaccio seolah memengaruhi penampilan hampir ke-24 tim finalis.

Sebelum dimulai, Piala Dunia Italia 1990 diprediksi bakal menjadi turnamen besar dengan enam juara yakni Italia, Argentina, Brasil, Jerman Barat, Uruguay, dan Inggris, ikut ambil bagian.

Jerman Barat keluar sebagai juara Piala Dunia Italia 1990 setelah mengalahkan Argentina dengan skor 1-0.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar