Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Kenali Tanda-tanda Kanker Payudara pada Pria

Kenali Tanda-tanda Kanker Payudara pada Pria

INDOZONE.ID - Tak hanya wanita, pria juga dapat terkena kanker payudara meski angka persentasenya lebih cenderung lebih babyak wanita.

Dibanding wanita, pria hanya memiliki sedikit jaringan payudara yang membuat benjolan sel kanker mudah ditemukan tetapi bisa menyebar lebih cepat ke jaringan terdekat.

Kanker payudara pria jarang terdiagnosis lebih dini, umumnya baru terdeteksi ketika sudah tahap selanjutnya.

Oleh karenanya, mengetahui tanda dan gejala kanker payudara pada pria dapat membantu seorang pria mendapat pengobatan lebih cepat.

Baca Juga : Bahaya, Jangan Pernah Cukur Bulu Kemaluan Pakai Laser

Dilansir dari The Health Site, berikut tanda yang harus diwaspadai pria terkait kanker payudara.

1. Benjolan

Gejala pertama penyakit ini mirip pada wanita. Benjolan bisa berada di bawah puting atau di aerola (jaringan sekitar puting).

Benjolan ini terasa kenyal, tidak bergerak dan terkadang tidak menimbulkan rasa sakit.

2. Kulit merah atau bersisik

Selain benjolan, kulit di sekitar puting juga terlihat kemerahan atau terasa kering secara tiba-tiba, ini menyebabkan kulit menjadi bersisik.

3. Perubahan di puting

Saat tumor tumbuh, sel akan menarik ligamen di dalam payudara. Ini akan membuat puting terlihat seperti tertarik ke dalam.

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu akan mendapati kulit kering dan bersisik di sekitar area puting tertarik ini.

4. Muncul luka terbuka

Dalam kasus parah, biasanya ada luka terbuka di puting karena tumor hampir tumbuh melalui kulit. Karena pria memiliki sedikit jaringan payudara, tumor cenderung melebar melalui kulit.

Apabila kamu mendapati tanda-tanda di atas, terlebih munculnya luka terbuka, disarankan kamu segera konsultasi ke dokter untuk menangani masalah tersebut.

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar