Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Hamil saat Mengidap PCOS, Amankah untuk Wanita Hamil?

Hamil saat Mengidap PCOS Amankah untuk Wanita Hamil

INDOZONE.ID - Polycystic ovary syndrome (PCOS) atau dikenal juga dengan sindrom Stein-Leventhal, ini merupakan kelainan hormonal yang menyerang wanita.

PCOS adalah salah satu gangguan hormonal yang paling umum. Ini dapat terjadi di hampir semua usia. Namun, ini lebih umum di antara wanita usia subur.

Gejala umum dari PCOS ialah, penambahan berat badan, meningkatnya pertumbuhan rambut di wajah, dada, punggung, ibu jari dan jari kaki, jerawat, kulit berminyak, ketombe, berhentinya menstruasi yang tidak teratur, rambut rontok dan kesulitan hamil.

Lantas bagaimana wanita hamil dengan PCOS?

Terkadang kondisinya tetap tidak diketahui sampai wanita tersebut mencoba untuk hamil. Jika pasangan mencoba untuk hamil selama hampir setahun tanpa hasil, maka mereka harus berkonsultasi dengan dokter.

Jika penyebab utamanya adalah PCOS, rencana ini akan bergantung pada banyak faktor kesehatan terkait. Salah satu faktor risiko dan komplikasi PCOS yang paling umum adalah obesitas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menyatakan bahwa lebih dari 60% wanita dengan PCOS mengalami obesitas dan membutuhkan teknologi reproduksi untuk bisa hamil.

Jadi hamil dengan PCOS tetap bisa hanya saja akan semakin rumit untuk beberapa kasus. Ini karena PCOS mempengaruhi ovulasi (proses bulanan pelepasan sel telur oleh ovarium), karena kadar androgen yang tinggi mengganggu perkembangan dan pelepasan sel telur.

Sel telur yang tidak sehat memiliki peluang lebih rendah untuk dibuahi.

Selain itu, PCOS dikaitkan dengan beberapa risiko terkait kehamilan, persalinan, seperti berikut ini:

  • Meningkatnya risiko keguguran
  • Diabetes mellitus gestasional
  • Gangguan hipertensi kehamilan (preeklamsia)
  • Kelahiran prematur
  • Ukuran bayi bertambah besar dari pada usia kehamilan.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar