Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Tingkatkan Jumlah Sel Darah Merah dengan 4 Nutrisi Ini untuk Cegah Anemia

Tingkatkan Jumlah Sel Darah Merah dengan 4 Nutrisi Ini untuk Cegah Anemia

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu merasa kelelahan meski sudah tidur nyenyak malam hari? Jika kamu sering mengalami masalah ini, bisa jadi ini pertanda kondisi medis yang serius yang dikenal sebagai anemia, ini artinya kamu kekurangan sel darah merah.

Sel darah merah bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke bagian lain dari tubuh dan ketika jumlahnya sedikit, tubuh kamu harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh.

Hal ini bisa berisiko mengalami komplikasi seperti depresi, persalinan prematur, risiko tinggi infeksi, dan lainnya.

Nah, untuk itu penuhi nutrisi yang akan membantu meningkatkan sel darah merah.

1. Makanan kaya zat besi

Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum anemia, itu artinya kamu harus makan lebih banyak makanan kaya zat besi. Nutrisi ini membantu meningkatkan produksi hemoglobin, protein yang ditemukan pada sel darah merah, sehingga meningkatkan sel darah merah.

makanan kaya zat besiMakanan kaya zat besi (parenting.firstcry.com)

2. Folat

Folat adalah salah satu jenis vitamin B yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan putih di sumsum tulang. Kekurangan nutrisi ini dapat mencegah pematangan sel darah merah. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang polong dan lentil adalah beberapa sumber folat yang sangat baik.

makanan kaya folatMakanan kaya folat (Pexels/Magda Ehlers)

3. Vitamin B-12

Vitamin B-12 memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan perkembangan sel darah merah yang tidak normal dan menghambat pertumbuhannya. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dalam produk susu dan sumber makanan hewani seperti daging merah, ikan, dan kerang.

Makanan kaya vitamin B-12Makanan kaya vitamin B-12 (Pexels/Juliano Kochhann)

4. Vitamin C

Vitamin c juga tidak secara langsung memengaruhi produksi sel darah merah, tetapi meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Konsumsi vitamin C dengan zat besi non-heme dapat membantu menyerap lebih banyak zat besi.

Makanan kaya vitamin CMakanan kaya vitamin C (freepik)

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar