GenPi.co Menulis artikel
@genpico

Ketahui Batas Aman Penggunaan Obat Tradisional

Ketahui Batas Aman Penggunaan Obat Tradisional

GenPI.co - Banyak orang Indonesia yang masih mengandalkan obat tradisional warisan leluhur untuk menunjang kesehatan.

Banyak orang yang percaya keampuhan penyembuhan obat ini dengan berbagai alasan.

BACA JUGA:Putus Asa untuk Atasi Ketombe? 4 Masker Bahan Alami Ini Solusinya

Ada yang mengaku berhasil sembuh atau setidaknya mengalami perbaikan kondisi kesehatan usai menggunakan obat tradisional.

<[kwik-adsinhere]>

Diyakini lebih alami, tidak menimbulkan efek samping, atau karena mendapat saran dari orang telah berhasil sembuh berkat obat tradisional, dikutip dari BMC Complementary and Alternative Medicine.

Pada dasarnya, obat tradisional memang tergolong aman untuk dikonsumsi selama Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahannya dan dalam batas dosis aman.

Hanya saja, Anda dianjurkan untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam memilah-milah obat tradisional mana yang sekiranya asli dan aman untuk dikonsumsi, serta mana yang meragukan.

Pasalnya, tidak sekali dua kali BPOM menemukan obat tradisionalilegal yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia.

Penny K. Lukito, selaku Kepala BPOM, menuturkan bahwa penggunaaan obat tradisional ilegal sangat membahayakan kesehatan karena mengandung sejumlah bahan kimia.

Penggunaan obat haruslah dengan resep dan pengawasan dokter, atau setidaknya obat yang Anda konsumsi tersebut telah terjamin penggunaannya.

BACA JUGA:3 Bahan Alami untuk Mengatasi Kram Perut di Rumah

Sementara OT ilegal ini tidak dapat dipastikan keamanannya, bahkan dijual bebas tanpa izin edar resmi dari BPOM. Otomatis, obat tradisionalilegal berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat. (hellosehat)

Video seru hari ini:

Sumber: genpi.co
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar