Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Smartphone Android Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet di Tahun 2021

Smartphone Android Lawas Terancam Tak Bisa Akses Internet di Tahun 2021

INDOZONE.ID - Kalian harus memiliki smartphone Android dengan sistem operasi yang ter-update agar bisa berselancar di internet dengan bebas. Pasalnya berdasarkan kabar dari salah satu otoritas sertifikasi yaitu Let's Encrypt, disebutkan smartphone Android dengan OS Android 7.1.1 (Nougat) ke bawah tak mendapat sertifikasi lagi mulai tahun 2021 mendatang.

Artinya, pengguna smartphone Android lawas yang masih menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 ke bawah tidak dapat mengakses situs-situs yang hadir dengan sertifikasi lagi. Diketahui bahwa Let's Encyrpt bakal menghentikan sertifikasi tersebut di tanggal 11 Januari 2021 mendatang.

Baca Juga: Apakah Android Juga Perlu Hadirkan Smartphone Flagship Berukuran Mini?

Jika sertifikasi tersebut tidak diberikan lagi, maka pengguna Android dengan sistem operasi yang tidak didukung tersebut nantinya tidak bisa mengakses situs tertentu yang memiliki sertifikasi. Alhasil akses internet pun menjadi terbatas dan tentunya merugikan para pengguna Android dengan versi lawas tersebut.

Ilustrasi sistem opreasi Android Nougat (7.1.1) buatan GoogleIlustrasi sistem opreasi Android Nougat (7.1.1) buatan Google (photo/Google)

Apalagi hal tersebut bakal mengancam lebih dari 1/4 pengguna Android di seluruh dunia. Pasalnya kini ada sekitar 33% pengguna smartphone Android yang saat ini masih menjalankan sistem operasi Android Nougat ke bawah dan angka tersebut bisa dibilang banyak.

Baca Juga: Google Rilis Android Studio 4.1, Hadirkan Dukungan untuk Perangkat Layar Lipat!

Namun mengingat Android Nougat sendiri sudah diluncurkan empat tahun yang lalu, tentu saja kabar seperti ini tidak terlalu mengejutkan lagi sebab versi sistem operasi tersebut sudah terlalu lama sehingga banyak developer yang mulai berhenti mendukung sistem operasi tersebut lagi.

Satu-satunya jalan yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru. Saat ini juga sudah banyak vendor seperti Samsung yang berjanji bakal memberikan update Android hingga 3 generasi agar pengguna tidak akan mengalami masalah seperti ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar