Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Bukti Islam Pernah Jaya di China, Seorang Muslim Jabat Perdana Menteri Kaisar Dinasti Yuan

Bukti Islam Pernah Jaya di China Seorang Muslim Jabat Perdana Menteri Kaisar Dinasti Yuan

INDOZONE.ID - Saat mengunjungi kota Xian, awak menemukan jejak jejak sejarah bahwa Islam pernah berjaya di China.

Bahkan jabatan perdana menteri dipegang oleh seorang muslim bernama Hasan saat Dinasti Yuan dari bangsa Mongol berkuasa. Wakil perdana menteri dijabat oleh Badr al-Din, Zahr al-Din, dan Daula Shah. 

Menurut Prof Djamal al-Din Bai Shouyi (1909-2000), sejarawan muslim Suku Hui terkemuka dalam buku Zhongguo Yisilan Shi Cun Gao (Naskah Sejarah Islam di China, 1983), Islam berjaya di China pada periode pemerintahan suku Mongol Dinasti Yuan (1206-1368).

Dalam strata sosial Dinasti Yuan, kedudukan orang-orang Islam tidak kalah tinggi dengan suku Mongol, baik di ranah politik, ekonomi, maupun militer. 

Bai Shouyi menghitung, di saat itu di Istana Kaisar, ada 16 muslim yang memangku jabatan strategis. Mulai dari perdana menteri, wakil perdana menteri dll.

Kota Xian, Tiongkok. (Instagram/Habibneta)Kota Xian, Tiongkok. (Instagram/Habibneta)


Di tingkat daerah, ada 32 muslim yang menduduki posisi penting. Yang paling populer saat itu adalah gubernur pertama Provinsi Yunnan Sayyid Ajjal Shams al-Din Omar (1211-1279). Posisinya dilanjutkan Nasr al-Din, anaknya, sampai tahun 1292.

Kota Xian, Tiongkok. (Instagram/Habibneta)Kota Xian, Tiongkok. (Instagram/Habibneta)


Sejarah mencatat, hubungan China dengan Arab sudah terjalin jauh sebelum Islam muncul. Yakni sekitar 500 tahun sebelum Islam ada.

Kala itu, kabar tentang adanya suatu negeri bernama Tiaozhi telah didengar Zhang Qian, duta Kaisar Wu (141-87 SM) Dinasti Han, saat menjalankan misi diplomatiknya ke Wilayah Barat.

Di Gunung Lingshan, di Quanzhou ada dua kuburan yang dipercaya sebagai makam dua utusan Nabi Muhammad SAW ke China. Tak jauh dari kuburan itu terdapat Mesjid Qingjing. Agama Islam saat itu umumnya dianut oleh suku Hui.

Kegemilangan Islam memudar setelah Yuan diruntuhkan Dinasti Ming (1368-1644). Aturan-aturan yang diskriminatif mulai ditimpakan kepada muslim pada masa ini.

Di antaranya, orang-orang Islam harus mengganti nama mereka menjadi nama Han. Hui dilarang menikah dengan sesama Hui.

Jauh sebelumnya, orang orang Islam di China juga pernah menjadi korban pembantaian. Saat itu di tahun 760 meletus Kerusuhan Tianshengong di Yangzhou. Ribuan saudagar Persia menjadi korban pembunuhan dalam pemberontakan itu.

Neta S Pane berpose di Kota Xian, Tiongkok. (Instagram/Habibneta)Neta S Pane berpose di Kota Xian, Tiongkok. (Instagram/Habibneta)


Selain itu, 120.000 penganut Islam, Kristen, dan Yahudi dibunuh ketika terjadi Pemberontakan Huangchao di Guangzhou.

Islam sendiri pertama kali masuk ke China melalui Xian yang dibawa oleh pedagang Arab pada 651 SM pada masa Dinasti Tang. Islam masuk melalui rute jalur sutera. Sekitar 71 tahun setelah itu, tepatnya tahun 742, umat Islam membangun mesjid di Xian.

Pemerintahan Kekaisaran Tia Bo Xuanrong dari Dinasti Tang ikut mendukung pembangunannya. Dukungan Kaisar Xuanzong dalam pembangunan mesjid ini untuk menghormati sebagian penduduk Xi’an yang menganut agama Islam.

Pembangunannya dilanjutkan pada era Dinasti Song, Dinasti Yuan, dan Dinasti Qing. Masjid Raya Xian atau Great Mosque of Xian menjadi saksi betapa mesranya hubungan Islam dengan penguasa China ratusan tahun lalu.

Masjid itu sendiri dibagun di atas tanah seluas13 ribu m2 dengan bangunan utama seluas 6 ribu m2. Great Mosque of Xian disebut-sebut sebagai masjid tertua di China.

Bangunannya sangat unik. Sangat berbeda dengan gaya arsitekstur masjid lainnya. Sebab masjid ini berbentuk seperti kelenteng dengan beberapa pagoda yang berfungsi sebagai menara masjid.

Tulisan adalah netizen jurnalisme yang dikirimkan Neta S Pane (Ketua Presidium Indonesia Police Watch). Silahkan kirim tulisan perjalanan Anda ke redaksi Indozone.id melalui alamat redaksi info@indozone.id, DM Instagram Indozone.id atau via WA: 082187505095

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar