Indozone ID Menulis artikel
@indozone

7 Pengobatan Rumahan untuk Katarak secara Alami, Tanpa Perlu Operasi

7 Pengobatan Rumahan untuk Katarak secara Alami Tanpa Perlu Operasi

INDOZONE.ID - Sebelum memutuskan untuk operasi katarak, tak ada salahnya mencoba pengobatan rumahan untuk katarak dengan bahan-bahan alami yang akan diulas dalam artikel berikut ini.

Katarak pada dasarnya adalah kondisi mata yang serius, di mana penglihatan akan menurun akibat terdapat area keruh di lensa alami mata. Jika dibiarkan, katarak bisa menyebabkan kebutaan.

Secara global, katarak adalah salah satu penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan (kebutaan) sebesar 47,8 persen dari 17,7 juta orang buta, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO).

Pengobatan Rumahan Terbaik untuk Katarak

Pengobatan katarak dengan cara operasi sekarang ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, akan jauh lebih baik apabila katarak dapat dideteksi sedari dini agar ditangani dengan pengobatan rumahan menggunakan bahan alami.

Menurut American Academy of Ophthalmology, penuaan adalah penyebab katarak paling umum dan biasanya menyerang orang dewasa berusia di atas 40 tahun. Di samping itu, kondisi katarak bisa makin buruk jika seseorang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Ada beberapa pengobatan alami untuk katarak saat terdeteksi pada tahap awal. Namun, apabila kamu biarkan selama beberapa waktu, maka kamu harus menjalani operasi katarak.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa pengobatan rumahan paling efektif untuk katarak:

Bawang Putih, Almond, dan Madu

pengobatan rumahan untuk obat katarak alamiBawang putih, obat katarak alami (Unsplash/@le_marquis)

1. Bawang putih

Ramuan bawang putih terbukti menjadi salah satu pengobatan rumah terbaik untuk katarak. Mengunyah beberapa bawang putih setiap hari secara efektif membersihkan lensa kristal, sehingga mengurangi dampak katarak.

Bahan aktif allicin yang terkandung di dalam bawang putih merupakan sumber antioksidan sangat kuat yang dapat membantu mencegah stres oksidatif dan dengan demikian mencegah perkembangan katarak.

2. Kacang almond

Obat rumahan efektif untuk katarak yang berikutnya adalah kacang almond. Jenis kacang almond memiliki kemampuan untuk memperkuat penglihatan kembali.

Untuk mendapatkan manfaat kacang almond, kamu bisa merendam beberapa kacang almond dalam air semalaman. Lalu, mengkonsumsinya di pagi hari setelah dikupas dengan sedikit susu hangat.

Kandungan asam lemak omega-3 yang kaya dan senyawa organik kuat lainnya di dalam kacang almond membantu mencegah peradangan, sehingga mengurangi risiko katarak.

3. Madu

Seperti kita ketahui, madu sering dijadikan sebagai obat untuk segala macam masalah kesehatan, termasuk dalam hal ini untuk mengobati katarak secara alami.

Selama bertahun-tahun, nutrisi padat dalam madu dipercaya mampu melindungi mata dari risiko terkena katarak. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan madu ke mata.

Meskipun terkesan agak aneh, antioksidan dalam madu memang cepat membantu kesehatan mata pulih kembali.

Bayam, Wortel, Pepaya, dan Teh Hijau

obat katarak alami tanpa operasi katarakWortel untuk obat katarak alami (Unsplash/@davidholifield)

4. Sayur bayam

Sayuran hijau populer ini bisa dimanfaatkan untuk obat alami katarak. Kandungan fitonutrien tinggi pada bayam dapat membalikkan kerusakan mata yang disebabkan oleh stres oksidatif, sehingga menghilangkan risiko radikal yang ada.

Bayam membantu menetralkan efek negatif dan mencegah penumpukan protein, sehingga melindungi penglihatan mata dari masalah lebih lanjut.

5. Wortel

Kaya kandungan beta-karoten, sayur wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Antioksidan, lutein yang ada dalam wortel membantu mengurangi stres oksidatif di mata dan mencegah pembentukan plak atau pengendapan protein -penyebab mata katarak.

6. Pepaya

Konsentrasi papain (enzim yang dapat mempercepat proses pencernaan protein) yang tingi pada pepaya, membantu mengurangi terjadinya katarak karena menghilangkan dan mencegah pengendapan plak.

7. Teh hijau

Kaya antioksidan, minum teh hijau secara teratur membantu memperbaiki kondisi katarak. Fitonutrien dalam teh hijau dapat membantu memperlambat perkembangan kekeruhan pada lensa mata.

Selain itu, kandungan antioksidan juga membantu menetralkan radikal bebas serta mengelola stres oksidatif yang disebabkan oleh katarak.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar