Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Bagaimana Ular Dapat Merayap di Dinding Vertikal Tanpa Terpeleset?

Bagaimana Ular Dapat Merayap di Dinding Vertikal Tanpa Terpeleset

INDOZONE.ID - Ular adalah reptil tidak memiliki kaki namun begitu ahli untuk bergerak di berbagai medan. Mulai dari merangkak di bawah tanah, berenang di bawah air hingga melilitkan dirinya di dahan yang tinggi atau bahkan merayap di dinding vertikal. 

Namun tanpa kaki, bagaimana bisa ular melakukan semua tanpa terpeleset?

Memanjat di permukaan vertikal atau batang pohon merupakan tindakan yang cukup sulit bagi hewan. Kuncinya mereka harus mencegah tubuh tergelincir akibat gravitasi.

Ilustrasi ular yang merayap.Ilustrasi ular yang merayap. (Pixabay/Orischak)

Setiap hewan punya kemampuan tersendiri untuk melakukannya. Ular akan menggunakan gaya gesek untuk merangkak di permukaan yang curam dan tegak. 

Ular tak bisa menempel seperti yang dilakukan oleh serangga atau kadal, mereka menggunakan gerak tubuh untuk menciptakan pegangan. 

Ilustrasi ular yang berpegangan di pohon.Ilustrasi ular. (Unsplash/@marius)

Mereka akan terus-menerus meregangkan tubuh dalam gerakan. Sebab itu menurut penelitian, ular hanya bisa merayap atau bergerak pelan, kemudian bergerak di permukaan yang memiliki banyak titik perlekatan untuk dapat melilitkan tubuhnya sebagai pegangan. 

Dalam kasus memanjat di dinding vertikal, permukaan dinding harus kasar atau memiliki alur kecil untuk menopang ular seperti misalnya dinding bata.

Kemudian mereka akan menggerakkan tubuhnya untuk menciptakan kekuatan dan membantu ular melekat.

Selain itu ular juga punya bagian tubuh yang menjadi kuncinya bergerak yaitu sisi perutnya. Bagian tubuh ini berfungsi untuk mencengkram dan mendorong ular ke depan untuk bergerak. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar