Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Beri Pertolongan Pertama pada Luka dengan Pendarahan

Cara Beri Pertolongan Pertama pada Luka dengan Pendarahan

INDOZONE.ID - Menangani luka gores atau luka lecet pada kulit mungkin tidak terlalu sulit. Namun saat dalam keadaan darurat, banyak orang gugup dan bingung menanganinya. Apalagi jika banyak darah yang keluar dari luka tersebut.

Dalam kasus sehari-hari, biasanya luka hanya seputar luka lecet dan tergores. Namun jika terjadi sesuatu yang tidak diduga seperti ada yang mengalami luka hingga mengeluarkan banyak darah, ini yang harus dilakukan.

Menurut Dokter Spesialis Luka, dr. Adisaputra Ramadhinara, jika menghadapi situasi ini, yang harus dilakukan adalah menekannya dengan kain bersih.

"Pakai kain bersih untuk menekan daerah yang berdarah. Selama 30 detik sampai satu menit, lihat darahnya," kata dr. Adi dalam webinar baru-baru ini.

Jika lukanya simpel, kata dr. Adi, darah akan berhenti setelah ditekan selama 30 detik hingga satu menit. Namun jika luka cukup dalam dan mengenai pembuluh darah besar, bisa membuat darah yang keluar sulit berhenti.

"Kalau ada pendarahan, pertolongan pertama tekan dengan kain bersih sampai pendarahan berhenti. Tapi kalau terus terlalu banyak, harus dibawa ke rumah sakit, karena takutnya ada pembuluh darah yang robek," pungkas dr. Adi.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
1
1 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar