Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ibu Hamil Bersepeda, Apakah Aman?

Ibu Hamil Bersepeda Apakah Aman

INDOZONE.ID - Belakangan ini olahraga sepeda sedang digemari oleh berbagai kalangan. Dapat dilihat, hampir setiap weekend di sepanjang jalanan banyak sekali orang yang bersepeda.

Namun apakah ibu hamil dibolehkan untuk melakukan olahraga sepeda? Ibu hamil memang dianjurkan untuk tetap berolahraga, tapi amankah jika bersepeda?

Dilansir dari Popsugar, Dr Lucky Sekhon, seorang dokter spesialis obgyn memberikan klarifikasi beberapa risiko terkait bersepeda saat hamil. Menurutnya, mengendarai sepeda saat hamil tidak selalu memiliki risiko. Tapi para ibu hamil juga harus melihat kondisi kandungannya.

Misalnya, pada trimester pertama, saat mual dan pusing paling sering terjadi, kehilangan keseimbangan bisa menjadi salah satu risiko potensial. 

"Penting untuk berhati-hati dan mendengarkan tubuhmu dan jika kamu merasa pusing, segera hentikan apa yang sedang lakukan. Cara untuk mencegahnya adalah dengan tetap terhidrasi dan memastikan kamu tidak bersepeda dengan perut kosong," jelas Dr. Lucky Sekhon, seperti yang dikutip Indozone dari Popsugar, Jumat (11/9/2020).

Ketika hamil, tingkat progesteron juga semakin tinggi sehingga dapat membuat ligamen menjadi kendur atau tegang. Segera perlambat intensitas atau berhenti jika mulai merasakan ketegangan ini dan melakukan peregangan dengan hati-hati sebelum dan sesudah bersepeda.

Pada trimester ketiga, ada sejumlah aktivitas biasa yang menjadi lebih berisiko hanya karena pusat gravitasimu telah bergeser, memengaruhi keseimbangan, dan meningkatkan risiko jatuh. Perut juga sudah semakin membesar di trimester ini sehingga membuatmu tidak nyaman mengendarai sepeda.

"Memang ada risiko yang besar ketika ibu hamil bersepeda di akhir trimester kedua dan ketiga karena trauma atau benturan langsung ke perut yang menyebabkan perdarahan yang berbahaya," ungkapnya.

Sebaiknya hindari olahraga bersepeda saat hamil karena ada banyak risikonya. Namun apabila ibu hamil tetap ingin bersepeda, pilihlah sepeda statis yang lebih aman dan terhindar dari jatuh. 

"Mungkin lebih aman dengan risiko jatuh yang lebih sedikit karena tidak ada risiko tergelincir di trotoar, namun ibu hamil harus tetap perhatikan kandungannya. Jangan memaksakan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar
    Artikel Untukmu
    Khusus Penderita Hipertensi, 5 Buah Ampuh Menurunkan Darah Tinggi
    GenPI.co - Beberapa buah juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Berikut buah yang bisa kamu pilih untuk dikonsumsi sehari-hari: Melon Tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, buah ini juga dapat
    Merubah Lokasi Folder Views di Codeigniter
    Jika anda pengguna framework codeigniter pastinya anda mengetahui folder views di codeigniter adalah folder yang digunakan untuk menaruh file-file yang berhubungan dengan tampilan website.Lokasi folder view biasanya berada diApplication/ViewsJika anda mem
    Pertama Kali dalam Sejarah, Jepang Setujui Sertifikat Keselamatan untuk Kendaraan Terbang
    SkyDrive, konsep mobil terbang eVTOL (pesawat lepas landas  yang bertenaga listrik) startup yang berbasis di Tokyo baru-baru ini menerima lampu hijau.
    Ngeri! Beberapa Makanan Istimewa Ini Ternyata Dapat Membunuh Orang yang Memakannya!
    Makanan tentu saja memiliki daya tariknya masing-masing berdasarkan jenis masakan dan bahan-bahan yang digunakan, maka tak heran banyak manusia di berbagai belahan dunia, terus mengembangkan berbagai kombinasi bahan dan rempah yang mampu menciptakan cita rasa yang maha dahsyat demi untuk memuaskan hasrat dalam tenggorokannya sampai di masa modern saat ini tentu saja dengan peralatan yang lebih canggih.
    Konser Monokrom: Lebih Dekat dengan Teman Tulus
    Tulus termasuk penyanyi pria yang memiliki kualitas jempol. Sejak awal kemunculan dia berhasil membuat pecinta musik tergangga. Tepat! penyanyi dengan nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini sukses menyentuh hati para penggemar akan suara lembut yang menyenangkan.