Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Uniknya Ikan Pari Air Tawar dengan Warna dan Motif yang Memukau

Uniknya Ikan Pari Air Tawar dengan Warna dan Motif yang Memukau

INDOZONE.ID - Ikan pari air tawar atau freshwater stingrays merupakan ikan bertulang rawan yang masih punya hubungan dengan hiu. 

Ikan pari air tawar (Potamotrygonidae) dapat di temukan di sungai-sungai di daerah tropis dan subtropis di Amerika Selatan. 

Ikan yang dinamai Sam di Vietnam ini memiliki wana yang cantik dan menarik perhatian. Umumnya mereka berwarna kecokelatan, hitam atau keabu-abuan dengan beragam pola seperti bintik-bintik, belang-belang atau bercak-bercak. 

Ikan pari air tawar (Potamotrygonidae).Ikan pari air tawar (Potamotrygonidae). (Elasmodiver.com/Andy Murch)

Terdapat banyak jenis ikan pari air tawa dengan ukuran yang cukup besar yang dapat mencapai 50 - 60 cm. 

Makanan utama ikan Sam adalah udang, sementara makanan tambahan meraka adalah ikan kecil, cacing, cacing, tiram, dan lainnya. 

Meski memiliki warna yang cantik namun ikan pari air tawar ini punya paku beracun dengan ujung bergerigi di tubuhnya. 

Senjata inilah yang membantu mereka bertahan dan berkembang hingga saat ini.

Jika sampai tertusuk maka akan menimbulkan lepuh besar dan sensasi terbakar yang luar biasa. Orang di Amazon sering mengalami kecelakaan dengan ikan ini secara tidak sengaja. 

Ikan pari air tawar atau freshwater stingrays. (Wikipedia/Christine Schmidt)Ikan pari air tawar atau freshwater stingrays. (Wikipedia/Christine Schmidt)

Uniknya mereka menetralkan racun ikan Sam dengan air kencing karena air kencing yang sifatnya panas, steril serta sedikit asam. 

Tapi sengat ikan pari yang berbahaya ternyata tidak mengurungkan niat orang-orang yang ingin memeliharanya di dalam akuarium. 

Kecantikan dan perawatannya yang tidak sulit membuatnya diperhitungkan untuk dibudidayakan. Yang perlu ditangani dengan hati-hati hanyalah sengatannya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar