Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Tablet Kuno Sumeria, Artefak Bersejarah yang Berisi Tanda Tangan Pertama

Tablet Kuno Sumeria Artefak Bersejarah yang Berisi Tanda Tangan Pertama

INDOZONE.ID - Sebuah tablet tanah liat Sumeria diyakini sebagai artefak bersejarah yang berusia lebih dari 5.000 tahun dari Mesopotamia kuno. 

Artefak ini memiliki salah satu tanda tangan dan indikasi paling awal dari sebuah nama pribadi. 

Menariknya lagi tablet Sumeria yang ditandatangani ini juga menggambarkan pembuatan bir di masa lalu. 

'Tanda tangan' ini telah ditafsirkan oleh para ahli tertulis sebagai 'Kushim'. 

Karena sangat sedikit yang bisa membaca dan menulis di Sumeria kuno. Individu yang memiliki tanda tangan  ini mungkin adalah juru tulis pemerintah dan objeknya sendiri adalah catatan yang disimpan untuk tujuan administratif. 

Posisi "tanda tangan pertama" pada tablet Sumeria yang ditandatangani.Posisi "tanda tangan pertama" pada tablet kuno Sumeria. (Ancient-origins.es/Lelang Bloomsbury )

Telah diterima secara umum bahwa Kushim merupakan nama pribadi, tetapi beberapa orang berspekulasi bahwa itu adalah gelar resmi di masa itu.

Tanda tangan Kushim diyakini sebagai contoh tanda tangan paling awal. 

Tablet tanah liat tersebut kemudian dilelang di Bloomsbury, London. Artefak kuni tersebut dilelang sebesar $ 120,000 dan setelah beberapa penawaran seorang kolektor Amerika memenangkan harga dengan $ 235,000. 

Tablet tanah liat menawarkan wawasan unik tentang dunia Mesopotamia kuno, konon pelelangan tablet kuno ini dijual untuk mendatangkan keberuntungan dan kekayaan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar