Indozone ID Menulis artikel
@indozone

3 Tanda Kalau Tubuhmu Kekurangan Vitamin K yang Harus Diwaspadai

3 Tanda Kalau Tubuhmu Kekurangan Vitamin K yang Harus Diwaspadai

INDOZONE.ID - Tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaganya tetap sehat, sama halnya dengan vitamin K juga penting bagi tubuh.

Itu karena vitamin K adalah nutrisi penting yang larut dalam lemak yang penting untuk tulang, kesehatan jantung dan berperan besar dalam membantu pembekuan darah dan fungsi otak.

Terdapat dua bentuk vitamin K yakni vitamin K1 yang berasal dari tumbuhan seperti bayam dan Vitamin K2 yang diproduksi secara alami di saluran usus. Tubuh kita membutuhkan kedua jenis Vitamin K ini terutama untuk menghentikan pembekuan dan pendarahan.

Orang dewasa memang jarang kekurangan vitamin K, hal ini paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir. Ini karena makanan orang dewasa mengandung banyak vitamin K yang cukup.

Meskipun demikian, berikut ini beberapa tanda umum tubuh kekurangan vitamin K yang harus diperhatikan, seperti yang dilansir dari Times of India:

1. Mengeluarkan banyak darah saat luka

Saat tubuh kekurangan vitamin K akan menyebabkan pembekuan darah,  sehingga menyebabkan kehilangan darah berlebiha. Sehingga hal ini meningkatkan risiko kematian setelah terluka parah, karena kehilangan banyak darah.

2. Tulang jadi tidak kuat

Karena vitamin K merupakan mineral penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Sehingga kekurangan vitamin K dapat menyebabkan osteoporosis. Itu kenapa sering mengalami nyeri pada persendian dan tulang.

3. Masalah pada gusi dan gigi

Gusi berdarah dan masalah pada gigi merupakan tanda umum kekurangan vitamin K. Ini karena vitamin K2 bertanggung jawab untuk aktivasi protein yang disebut osteocalcin. Protein ini membawa kalsium dan mineral ke gigi, kekurangannya mencegah mekanisme ini dan membuat gigi kita mudah rapuh.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar