Indozone ID Menulis artikel
@indozone

6 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin

6 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin

INDOZONE.ID - Habbatussauda (jintan hitam) sudah lama dikenal masyarakat Indonesia dan dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan didapat dari nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, kalsium, antioksidan, kalium, natrium, serat dan zat besi.

Berdasarkan beberapa studi, efektifitas khasiat habbatussauda sebagai obat herbal terletak pada tiga bahan kimia alami, yakni thymoquinone (TQ), thymohydroquinone (THQ) dan timol.

Selain itu, manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh didukung oleh sifat farmakologisnya seperti antioksidan, stimulasi kekebalan, anti-inflamasi, anti-kanker, dan banyak lagi.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

manfaat habbatussauda untuk kesehatan tubuhJintan hitam di dalam habbatussauda (ihrmagazine.com)

Ragam penelitian telah membuktikan manfaat pengobatan tradisional dengan habbatussauda (dalam bahasa latin disebut Nigella sativa).

Bagi umat Muslim, keistimewaan habbatussauda untuk menyembuhkan penyakit disebutkan dalam sebuah hadits.

“Sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut ini manfaat habbatussauda untuk kesehatan tubuh yang #KAMUHARUSTAU:

Meningkatkan Imunitas dan Mengatasi Hipertensi

manfaat habbatussauda meningkatkan sistem imunitas tubuhIlustrasi sistem imunitas tubuh kuat (Pexels/Jeff Denlea)

1. Menguatkan Sistem Imunitas Tubuh

Habbatussauda berperan sebagai agen anti-bakteri alami untuk menangkal semua bakteri, jamur atau parasit yang bisa masuk ke tubuh.

Karena itulah, salah satu khasiat habbatussauda yang dipercaya sampai sekarang yaitu menguatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh.

2. Mengobati Darah Tinggi dan Kolesterol

Penelitian menemukan bahwa ekstrak jintan hitam dalam habbatussauda bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dikonsumsi selama delapan minggu berturut-turut.

Selain hipertensi, minum habbatussauda secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit akibat kolesterol tinggi, seperti jantung dan stroke.

Menurut studi, habbatussauda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, riset yang dipublikasikan dalam jurnal Pharmacological Research 2016 menemukan bahwa minyak habbatussauda memiliki efek kuat menurunkan kolesterol daripada habbatussauda bubuk.

Mengontrol Gula Darah dan Menurunkan Berat Badan

manfaat habbatussauda menurunkan kadar gula darahIlustrasi tes kadar gula darah (Pexels/PhotoMIX Ltd.)

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, manfaat habbatussauda sangat baik untuk dicoba. Menurut studi, jintan hitam pada habbatussauda dapat mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin.

Studi dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine 2017 menemukan bahwa minum suplemen habbatussauda efektif memperbaiki kadar gula darah dan menjaganya tetap normal.

4. Menurunkan Berat Badan

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes and Metabolic Disorders meninjau literatur untuk tanaman yang memiliki sifat anti-obesitas.

Hasilnya, habbatussauda (jintan hitam) menjadi salah satu tanaman obat untuk menurunkan berat badan paling efektif.

Mencegah Kanker dan Timbulnya Jerawat di Wajah

manfaat jintan hitam habbatussauda mengurangi jerawatIlustrasi wajah berjerawat (Pixabay)

5. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan didukung oleh senyawa thymoquinone yang terkandung di dalam biji jintan hitam.

Senyawa aktif thymoquinone ini memiliki sifat anti-kanker dan dapat mengurangi ukuran tumor ganas yang tumbuh di dalam tubuh.

6. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit paling sensitif bagi banyak orang, terutama para wanita. Cara apa pun dilakukan demi menghilangkan jerawat, namun seringkali upaya itu gagal.

Bagi kamu yang mencari solusi mengatasi jerawat, coba konsumsi ramuan minyak habbatussauda dengan tambahan jeruk nipis secara rutin.

Oleskan ramuan minyak habbatussauda itu ke bagian kulit atau wajah berjerawat, setidaknya dua kali sehari.

Nah, itulah manfaat habbatussauda (jintan hitam) untuk kesehatan tubuh yang #KAMUHARUSTAU apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu. Baca juga artikel menarik lainnya hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar