Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Melacak HP Hilang dari Email, Google Maps, IMEI, dan Aplikasi

Cara Melacak HP Hilang dari Email Google Maps IMEI dan Aplikasi

INDOZONE.ID - Tidak ada yang bisa memastikan apa yang terjadi di kemudian hari, termasuk ketika ponsel (HP) hilang karena jatuh ataupun dicuri orang lain.

Ketika tau HP hilang, hal yang pertama dilakukan pastilah mencari tau atau melacak keberadaan ponsel hilang tersebut.

Ada beberapa cara melacak HP hilang dengan cepat dan mudah, mulai dari melacak lewat email, Google Maps, dengan nomor IMEI, ataupun dari aplikasi pelacak HP hilang.

Untuk lebih tau, selengkapnya simak cara melacak HP hilang dari jarak jauh, seperti dirangkum Indozone berikut ini dari berbagai sumber:

Cara Melacak HP Hilang dengan Alamat Email

cara melacak HP hilang dengan alamat emailIlustrasi melacak HP hilang (Unsplash/@freestocks)

Cara mengetahui keberadaan HP hilang yang pertama bisa menggunakan alamat email. Setiap smartphone, terutama Android biasanya sudah terpasang email beserta akun si pemilik ponsel.

Nah, dari akun email itu sebenarnya bisa dipakai untuk melacak HP Android yang hilang. Langkahnya sebagai berikut:

  • Masukkan alamat email (disarankan email Gmail) dan sandi email yang ada pada HP hilang, untuk mendukung proses login (masuk) ke email tersebut.
  • Pilihlah ikon dengan titik sembilan di bagian sisi atas kanan.
  • Masuklah pada akun Google (Google Account) milikmu, lalu scroll ke bawah.
  • Kemudian, pilih opsi 'Mulai' pada tulisan 'Temukan Ponsel Anda' atau 'Find Out Your Phone'.
  • Lalu, pilih HP Android kamu yang hilang. Masukkan kembali kata sandi email yang ada pada HP hilang.
  • Pilih opsi 'Temukan'. Nantinya, akan muncul Google Map, lalu klik 'Tutup'.
  • Pilih jenis HP Android hilang yang ingin kamu lacak keberadaannya.
  • Klik ikon 'Refresh' agar posisi HP hilang terupdate dan terbaca oleh Google Map. Dengan begitu, melacak HP Android hilang bisa segera diketahui.
     

Cara Melacak HP Hilang dari Google Maps

cara melacak HP Android hilang dari Google MapsIlustrasi aplikasi Google Maps (Unsplash/@hjkp)

Seperti kita tau, aplikasi Google Maps berguna sebagai petunjuk arah, peta jalan raya, pemberi informasi tentang kondisi jalan, dan lainnya.

Dalam hal ini, Google Maps ternyata bisa digunakan untuk melacak HP Android yang hilang melalui fitur khususnya. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone Android yang lain. Pada aplikasi, pilih menu 'Setting', kemudian 'Share Location', dan 'Start' di bagian pojok kiri atas.
  • Pilih waktu pelacakan, selama 1 jam atau lebih agar kamu bisa terus melacak lokasi HP Android kamu yang hilang.
  • Klik 'Select People', lalu isi alamat email dan nomor HP yang ingin kamu lacak setelah hilang.
  • Klik 'Share' dan ketuk 'Aktifkan'. Nantinya, lokasi HP Android yang hilang akan terlacak selama 24 jam.
     

Cara Melacak Keberadaan HP Hilang dengan Nomor IMEI

cara melacak keberadaan HP hilang dengan nomor IMEIKode IMEI yang terdapat di smartphone (photo/REUTERS)

Untuk melacak keberadaan HP hilang bisa juga dengan menggunakan nomor IMEI ponsel tersebut. Cara melacak HP hilang dengan IMEI akan dijelaskan dalam artikel ini.

Namun sebelumnya, kamu sendiri sudah pernah tau belum apa itu IMEI? International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas smartphone, biasanya terdiri dari 15 hingga 16 digit angka.

Nomor IMEI bisa ditemukan di bodi perangkat bagian dalam ponsel, seperti baterai. Untuk mengecek IMEI HP, kamu bisa melihat menu 'About Device' (Tentang Perangkat) di pengaturan smartphone kamu atau bisa mengetik kombinasi nomor *#06#.

Biasanya, nomor IMEI digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Karena, nomor IMEI ini sudah terhubung dengan database kartu SIM operator seluler.

Lalu, bagaimana cara melacak HP dengan nomor IMEI? Apakah memang bisa? Jawabannya bisa, namun kamu harus memiliki surat keterangan hilang dari pihak berwajib untuk meminta operator seluler melacak HP hilang menggunakan nomor IMEI.

Sekilas, cara ini mungkin agak ribet dan butuh sedikit usaha. Terlebih, kamu harus bolak-balik mengurus surat keterangan dari kantor polisi dan pihak provider kartu seluler yang digunakan.

Namun, melacak smartphone hilang dengan nomor IMEI terbilang cukup aman karena data privasi kamu akan lebih terjaga.

Jika sudah mendapatkan nomor IMEI smartphone kamu, tahapan selanjutnya untuk melacak HP hilang dengan IMEI yaitu dengan menghubungi call center operator seluler smartphone atau mengunjungi gerai operator penyedia jaringan.

Beritahu nomor IMEI dan nomor ponselmu kepada pihak operator seluler. Nantinya, petugas akan memberitahu keberadaan ponselmu yang hilang dengan dua nomor itu.

Namun penting diingat, cara ini hanya dapat terdeteksi selama ada koneksi internet, GPS, ponsel dalam kondisi aktif atau menyala, dan ada kartu SIM di dalamnya.

Jika HP kamu dalam keadaan mati (nonaktif) dan kartu SIM telah diganti, maka sangat disayangkan lokasi HP yang hilang pun tidak dapat terdeteksi. Kamu tidak bisa melacak keberadaan HP yang hilang.

Cara Melacak HP Hilang dengan Aplikasi Pelacak

cara melacak HP hilang dengan aplikasi pelacak HP Android hilangIlustrasi smartphone (Unsplash/@williamtm)

Selain menggunakan IMEI, kamu bisa menemukan ponsel yang hilang dengan memanfaatkan aplikasi pelacak HP hilang, seperti Where's My Droid, Find My Device, CrookCatcher, Prey Anti-Theft, dan Cerberus Anti Theft.

1. Where's My Droid

Aplikasi Android untuk membantu kamu mencari hp yang hilang adalah Where's My Droid. Dengan fitur canggih dan kuat, aplikasi ini bisa melacak keberadaan ponsel hilang melalui GPS. 

Fitur GPS ini nantinya akan memberi notifikasi apabila ponsel yang dicuri dalam keadaan lowbat. Bahkan, kamu pun bisa mengetahui semisal si pencuri mengganti SIM Card smartphone-mu.

2. Find My Device

Find My Device merupakan salah satu solusi untuk melacak HP Android hilang dengan aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengunci smartphone-mu tersebut dari jarak jauh.

Tujuannya, untuk melindungi privasi atau data penting lain di dalam ponsel tersebut. Adapun fitur unggulan aplikasi ini adalah Locate Your Phone. Jadi, kamu bisa mengunjungi lokasi keberadaan smartphone-mu.

3. CrookCatcher

Dalam bahasa Inggris, crook artinya pencuri atau penipu. Sedangkan, catcher berarti penangkap. Dilihat dari namanya, aplikasi CrookCatcher berfungsi untuk menangkap lokasi si maling yang mencuri ponsel.

Nah, nantinya CrookCatcher akan mengambil foto detail si pencuri dan secara otomatis terkirim ke email.

4. Prey Anti-Theft

Berikutnya, ada pula aplikasi keamanan di Android bernama Prey Anti-Theft. Hanya dengan satu aplikasi pelacak smartphone android ini, kamu mampu melacak kondisi ponsel yang baru saja dimaling.

Sama seperti CrookCatcher, terdapat fitur kamera depan di aplikasi Prey Anti-Theft. Fitur itu akan menangkap rupa atau wajah si pencuri yang berusaha membobol isi ponselmu.

5. Cerberus Anti Theft

Cerberus Anti Theft merupakan aplikasi pelacak HP hilang yang memiliki fitur tracking. Ini memudahkan kamu mencari tau orang yang mengambil smartphone tersebut.

Selain itu, dibekali pula fitur Alarm dengan dering sangat kencang. Ia akan tetap berbunyi sekali pun ponsel kamu diatur dalam mode silent atau getar

Nah, itulah ulasan tentang cara melacak HP hilang lewat alamat email dan nomor IMEI, serta melacak HP hilang melalui Google Maps dan aplikasi pencari HP hilang.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar