Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

INDOZONE.ID - Cara menghilangkan kantung mata masih banyak dicari tahu orang-orang saat ini, terutama wanita. Kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata seringkali membuat penampilan tampak lebih tua.

Maka tidak heran, bila banyak orang yang berusaha menghilangkan kantung mata atau disebut juga mata panda yang biasa timbul ketika seseorang kurang tidur.

Ada beberapa cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam, mulai dari tidur yang cukup atau menggunakan produk perawatan kulit seperti krim pelembap dan masker khusus mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

Kondisi lingkaran hitam pada mata biasa disebabkan oleh kurang tidur atau kurang istirahat. Nah, untuk menghilangkan masalah kantung mata boleh dibilang lumayan susah karena butuh waktu cukup lama.

1. Tidur yang Cukup

cara menghilangkan kantung mata hitamIlustrasi tidur (Unsplash/@all_who_wander)

Tidur cukup merupakan cara paling ampuh menghindari lingkaran mata hitam. Karena seperti kita tau, bahwa kurang tidur termasuk penyebab paling umum seseorang mengalami mata panda. Selain menghindari mata panda, tidur cukup juga bagus untuk kesehatan.

Disarankan, kamu perbaiki jam tidur dengan waktu cukup yakni 7 hingga 8 jam sehari. Saat tidur pun, jangan lupa untuk mengatur posisi tidur yang baik dengan kepala sedikit terangkat di atas bantal.

2. Kompres Mata

cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di mataIlustrasi kompres mata (mavcure.com)

Lingkaran bawah mata yang hitam bisa diatasi dengan mudah. Kamu hanya perlu mengompresnya secara rutin di pagi hari dengan menggunakan es batu atau air dingin. Lakukan kegiatan ini secara rutin selama 5 menit dalam sehari setiap pagi.

3. Oleskan Krim Mata

cara mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam di mataIlustrasi mengoleskan krim mata (healthline.com)

Jika kamu tidak ingin repot menghilangkan kantung mata hitam, kamu juga bisa menggunakan krim mata yang mengandung kafein, chamomile, mentimun, ataupun krim bunga arnica (berfungsi sebagai anti inflamasi).

4. Menggosok Sendok Logam

cara menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mataIlustrasi lingkaran hitam di sekitar mata (Unsplash/@soroushkarimi)

Cara menghilangkan kantung mata yang mengganggu berikutnya yaitu dengan sendok. Kamu cukup masukkan sendok ke dalam lemari es selama 15 menit. Kemudian gosokkan sendok di area bawah mata dengan cara menekannya secara perlahan ke arah luar.

5. Gunakan Concealer

cara menyamarkan kantung mata hitam di sekitar mataConcealer mata (Unsplash/@earthtokarly)

Concealer atau tabir surya khusus mata bisa kamu coba sebagai langkah atau cara menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk hasil optimal, disarankan kamu menggunakan concealer dengan SPF 15, SPF 30, atau lebih.

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami

Selain cara-cara di atas, beberapa bahan alami yang mudah ditemukan ternyata bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

1. Tomat

cara menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mataTomat (Unsplash/@lmablankers)

Tomat memiliki kandungan sifat pemutih alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi lingkaran mata yang hitam. Cara membuatnya, jadikan pasta campuran tomat dan lemon dan aplikasikan pada area mata kamu.

2. Air mawar

cara mengatasi mata panda secara alami dengan air mawarIlustrasi bunga mawar (Unsplash/@ivanjevtic)

Air mawar juga salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata panda. Air mawar sendiri memiliki efek menyejukkan, bahkan mengembalikan pH kulit dan memiliki sifat antioksidan. 

Caranya juga sangat gampang, cukup oleskan air mawar pada kapas, lalu diamkan kapas di atas mata selama 15 menit.

3. Kentang

cara mengatasi kantung mata hitam dengan kentangKentang (Unsplash/@wssb495)

Bahan alami mengatasi kantung mata hitam yang bisa dicoba yaitu kentang. Itu karena kentang mengandung enzim untuk membantu mencerahkan kulit.

Kamu dapat mengoleskan irisan kentang dingin pada setiap kelopak matamu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Putih Telur

cara alami menghilangkan kantung mata hitam dengan putih telurTelur (Unsplash/@miguel_pembo)

Mengandung vitamin yang dipercaya dapat mengencangkan kulit, putih telur dapat membantumu mengatasi masalah mata panda yang membandel.

Kamu hanya perlu oleskan putih telur ke area mata panda dengan bantuan kuas. Diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku. Lakukan rutin sampai mata panda mulai berkurang.

5. Gel Lidah Buaya

bahan alami menghilangkan kantung mata hitam dengan gel lidah buayaLidah buaya (Unsplash/@pisauikan)

Bahan alami menghilangkan kantung mata yang satu ini  memiliki banyak sekali kandungan vitamin di dalamnya. Vitamin A, C dan E sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit dan juga baik bila digunakan untuk mengatasi mata panda.

Kamu bisa mendapatkan lidah buaya di supermarket terdekat. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan gel yang ada pada lidah buaya. Diamkan sekitar 25 menit dan bilas sampai bersih dengan air yang mengalir.

6. Timun

cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitamTimun (Unsplash/@louishansel)

Biasa digunakan sebagai bahan lalapan, rujak hingga acar, ternyata mentimun berkhasiat menyegarkan serta melembabkan wajah dan menghilangkan kantung mata.

Hal sederhana yang perlu dilakukan untuk mengatasi mata panda dengan timun, dimulai dari memotong timun dengan ketebalan yang kamu inginkan.

Kemudian, tempelkan potongan timun itu di bagian bawah mata selama kurang lebih 15 menit. Lakukan secara rutin dan nikmati hasilnya.

Selain itu, cara lainnya bisa dengan menghancurkan timun dan daun mint, buatlah seperti bubur. Kemudian oleskan bubur timun dan daun mint di kulit sekitar mata untuk mengurangi lingkaran hitam. 

7. Kantung Teh

cara mengurangi lingkaran hitam pada mata dengan kantung tehKompres mata dengan kantung teh (medicalnewstoday.com)

Sejak lama kantung teh telah digunakan untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata. Kamu bisa menyimpan kantung teh bekas di lemari es selama beberapa jam. Setelah itu, letakkan kantung teh dingin di mata, diamkan selama 15 menit.

8. Minyak Almond

cara alami menghilangkan kantung mata dengan minyak kacang almondKacang almond (Unsplash/@remiyuan)

Minyak almond, salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan mengatasi lingkaran mata hitam. Ini karena kandungan vitamin E di dalam minyak almond yang dapat menghidupkan kulit, sehingga kembali cerah.

Nah, itulah beberapa acara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam secara alami maupun menggunakan krim pelembap atau perawatan khusus mata.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar