Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Vaginal Douche yang Sering Dilakukan Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini 3 Bahayanya

Vaginal Douche yang Sering Dilakukan Berbahaya Bagi Kesehatan Ini 3 Bahayanya

INDOZONE.ID - Menjaga kesehatan Miss V sangat penting dilakukan dan wanita harus paham perawatan yang dilakukan.

Tak jarang juga wanita merawat vagina dengan Vaginal Douche atau cairan pembersih area kewanitaan. Cairan tersebut mengandung air, baking soda, cuka, pewangi, hingga antiseptik.

Nah, menggunakan cairan tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti yang sudah Indozone rangkum dari berbagai sumber:

1. Komplikasi kehamilan

Melakukan douching lebih dari sekali dalam seminggu dipercaya dapat mengakibatkan wanita sulit hamil. Bahkan vaginal douch bisa meningkatkan risiko kehamilan ektopik sebanyak 76 persen. Kehamilan ektopik ialah kondisi di mana hamil di luar kandungan atau rahim yang akan menyebabkan pendarahan dan vagina nyeri hebat di area punggung.

2. Infeksi bakteri vagina

Melakukan douching akan merusak keseimbangan bakteri pada vagina yang akan memicu bakteri jahat. Saat jumlah bakteri jahat jauh lebih banyak daripada bakteri jahat berisiko mengidap infeksi bakteri vagina.

3. Kanker serviks

Melakukan douching juga bisa berisiko rentan terkena kanker serviks empat kali lipat. Ini karena vaginal douche meningkatkan risiko infeksi HPV genital pada vagina. HPV sendiri salah satu pemicu kanker serviks.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar