Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Benarkah Virus Corona Bisa Merusak Otak Anak?

Benarkah Virus Corona Bisa Merusak Otak Anak

INDOZONE.ID - Sebuah studi yang dipublikasi di JAMA Neurology, menemukan bahwa komplikasi yang terjadi pada anak-anak yang mengidap kondisi serius tarkait virus corona.

Seperti yang dilansir dari Daily Star, kondisi tersebut bisa menyebabkan anak-anak mengalami sakit kepala, tanda-tanda kerusakan otak, hingga kelemahan otot.

Dalam kondisi tersebut, dikenal sebagai multi-system inflammatory syndrome pada anak-anak (MIS-C).

MIS-C sendiri kondisi langka yang bisa mengancam jiwa dalam beberapa kasus selama atau tidak lama setelah anak terinfeksi virus corona (Covid-19).

Gejala yang dapat memperburuk keadaan ditandai dengan ruam kulit, demam, masalah pernapasan dan penurunan tajam dalam tekanan darah yang bisa menghambat pasokan oksigen bahkan hingga menyebabkan kematian.

Kondisi tersebut terjadi karena disebabkan oleh respon imun yang lemah terhadap virus, bukan karena gejala yang disebabkan oleh penyakit.

Pada studi tersebut, para peneliti mengamati 27 anak yang memiliki gejala MIS-C dan empat di antara anak tersebut memiliki gejala neurologis.

Hasilnya, sebagian besar anak-anak tidak mengalami gejala virus corona yang serius. Berdasarkan tes menunjukkan tanda-tanda kerusakan otak pada corpus callosum, bagian yang membantu kedua sisi organ berkomunikasi satu sama lain.

Namun tidak ada anak-anak yang melaporkan memiliki gejala pernapasan walau semua anak dinyatakan positif corona dan memiliki antibodi terhadap virus tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar