Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone dan PC/Laptop

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone dan PCLaptop

INDOZONE.ID - Pada artikel kali ini, Indozone akan berbagi cara mengetahui password WiFi dengan mudah di perangkat smartphone atau PC/laptop.

Untuk tips mengetahui password WiFi ini terbilang gampang-gampang susah. Lebih mudahnya, kamu boleh tanya langsung password wifi ke si pemilik. Tapi, ada juga cara lain mengetahui password wifi yang bisa kamu coba.

Lalu, bagaimana cara mengetahui password wifi agar langsung terhubung ke jaringan wifi walaupun belum pernah terkoneksi dengan wifi tersebut?

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone dan PC/Laptop

cara mengetahui password wifi di PC laptop dan smartphoneIlustrasi internetan (Pexels/picjumbo.com)

Setelah tau cara mengetahui password wifi, tentu kamu tidak akan terkendala lagi dalam urusan akses internet untuk download, upgrade, streaming, dan lainnya.

Namun penting diingat juga, cara mengetahui password wifi ini jangan sampai disalahgunakan, apalagi kalau sampai dimanfaatkan untuk hal-hal tidak bertanggung jawab, misalnya membobol wifi orang lain.

Selain merugikan orang lain, membobol wifi dengan sengaja merupakan perbuatan yang melanggar aturan. Karena itulah, harapannya tips ini dapat digunakan untuk hal bermanfaat ya, guys.

Cara Mengetahui Password WiFi di PC atau Laptop

cara mengetahui password wifi di laptop atau PC komputerWireless router untuk internet di PC/laptop (groundedreason.com)

Langsung saja, berikut ini beberapa tips atau cara mengetahui password WiFi dengan mudah di smartphone dan PC/laptop yang bisa kamu praktikkan:

1. Cara Cek Password WiFi dari Wireless Router

Untuk mengetahui password wifi di laptop atau PC, kamu bisa lakukan pengecekan pada wireless router internet yang kamu pasang. Biasanya, di bagian belakang atau bawah, akan ada tulisan SSID dan password.

Selain di situ, kami bisa cek password dari boks router ketika pertama kali membelinya. Nantinya, akan ada serangkaian nomor berlabel 'Key'. Nah, itulah password WiFi kamu.

2. Cara Cek Password WiFi di PC Windows

Jika ingin membagikan password wifi ke orang lain, tapi kamu sendiri lupa apa password wifi di laptop Windows, maka bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  • Pada toolbar PC Windows bagian kanan bawah, klik tanda 'WiFi', lalu pilih 'Network & Internet Settings' dan klik 'WiFi'.
  • Kemudian, pilih 'Change Adapter Options' di bagian bawah halaman.
  • Klik kanan pada bagian WiFi yang sedang digunakan.
  • Lalu, pilih 'Status' dan 'Wireless Properties', dilanjutkan dengan memilih tab 'Security'.
  • Pada bagian bawah menu 'Network Security Key', klik 'Show Character'. Dari sinilah kamu bisa mengetahui password WiFi yang sedang kamu gunakan saat itu.
     

3. Cara Cek Password WiFi dengan Aplikasi CMD

Aplikasi CMD (command prompt) merupakan aplikasi bawaan PC Windows yang bisa digunakan untuk mengecek password wifi yang sedang digunakan. Ini caranya:

  • Pada menu 'Start' di PC Windows, carilah aplikasi 'Run'. Biar lebih mudah, bisa menggunakan shortcut 'Windows + R'.
  • Pada kolom pencarian, ketikkan 'CMD' dan klik 'OK'.
  • Nantinya, akan muncul kotak berlatar belakang hitam. Ketiklah [netsh wlan show profiles] tanpa tanda kurung. Klik 'Enter' setelahnya.
  • Secara otomatis, akan muncul berbagai WiFi yang pernah digunakan di Windows pada PC/laptop. Pilih nama WiFi yang ingin diketahui password-nya.
  • Ketiklah [netsh wlan show profiles “Nama WiFi” key=clear]. Dengan begitu, kamu akan mengetahui password pada kolom 'Security Settings' di 'Key Content'.
     

4. Cara Cek Password WiFi di Laptop Mac

Bagi kamu yang menggunakan laptop Mac, bisa juga mengetahui password WiFi dengan mudah tanpa perlu terkoneksi lebih dulu dengan WiFi tersebut.

  • Pertama, bukalah 'Finder' pada laptop Mac kamu, kemudian klik 'Go'.
  • Pada menu 'Drop Down', silahkan klik 'Utilities', kemudian klik dua kali pada 'Keychain Access'.
  • Lalu, carilah nama network yang sedang kamu gunakan dan klik dua kali pada nama network (WiFi) tersebut.
  • Selanjutnya, pada menu 'Attributes', klik menu 'Show Password'. Akan muncul boks perintah pada tampilan laptop, masukkan password laptop Mac. Klik 'Allow'.
  • Dengan begitu, password WiFi pun bisa kamu ketahui.
     

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone

cara mengetahui password wifi di smartphone AndroidAplikasi WiFi Master Key (chrome.google.com)

Selain di laptop atau PC (komputer), bagi kamu pengguna smartphone Android juga bisa mengetahui password wifi. Tahapan caranya berikut ini:

  • Download aplikasi WiFi Master Key. Jika sudah, buka aplikasi tersebut dan klik opsi 'Lakukan Sekarang'.
  • Kemudian, klik tombol 'Nyalakan WiFi' dan pindai 'Hotspot'.
  • Nantinya, aplikasi tersebut akan meminta izin akses WiFi. Setelah itu, klik kembali 'Lakukan Sekarang'.
  • Aplikasi WiFi Master Key akan menampilkan daftar koneksi WiFi dengan keterangan 'Aman, Koneksi Gratis, Sambungkan'.
  • Klik pilihan 'Sambungkan' dan WiFi pun akan tersambung.
     

Ada juga aplikasi WiFi Password Recovery di Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui password koneksi internet. Langkahnya berikut ini:

  • Download aplikasi WiFi Password Recovery. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  • Nantinya, aplikasi tersebut akan meminta izin akses WiFi. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan riwayat WiFi yang pernah digunakan pada smartphone beserta dengan password-nya.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui password WiFi di laptop atau PC (komputer) maupun di smartphone. Kamu bisa mencoba cara mengecek password WiFi ini meski belum pernah terkoneksi sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar