Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Tiongkok Siapkan Uji Coba Tahap 3 Vaksin Virus Corona, Siap untuk Produksi?

Tiongkok Siapkan Uji Coba Tahap 3 Vaksin Virus Corona Siap untuk Produksi

INDOZONE.ID - Tiongkok mengklaim vaksin virus corona yang dibuatnya sudah dalam tahapan yang menjanjikan. Perusahaan farmasi Tiongkok China National Biotec Group (CNBG) mengumumkan  proses uji coba vaksin virus corona yang dilakukan pada manusia telah berhasil.

Percobaan pertama dan kedua telah berhasil dilakukan. Uji klinis ini melibatkan 1.120 orang sehat. 

Kini, Tiongkok menyiapkan uji coba tahap 3. Ini dianggap sebagai proses akhir sebelum vaksin virus corona diproduksi massal, seperti dilansir Indozone dari China Morning Post, Kamis (2/7/2020).

Lebih dari 100 vaksin virus corona dibuat peneliti dari seluruh dunia. Dilaporkan terdapat sekitar 12 yang dalam pengujian, terutama mengevaluasi keselamatan.

Namun baru peneliti dari Tiongkok yang berhasil melakukan uji coba pada manusia. Jika ini berhasil, Tiongkok menjadi negara pertama yang berhasil menemukan vaksin virus corona.

virus coronaIlustrasi sample virus corona.(freepik)

Hasil Uji Coba Aman

Setelah diuji coba pada manusia, ternyata hasilnya aman dan efektif. Vaksin virus corona buatan Tiongkok disebut-sebut bisa meningkatkan antibodi tingkat tinggi.

Dari hasil laporan disebutkan, setelah mendapatkan vaksin, sistem kekebalan tubuh orang yang menerima tiga dosis menunjukkan beberapa tingkat respon. Sebagian besar perkembangan antibodi yang dapat menangkal virus. Antibodi memuncak pada 28 hari pasca vaksinasi.

Selanjutnya, respon memuncak pada hari 14 pasca vaksinasi. Percobaan pertama dalam manusia menunjukkan bahwa Ad5 menyalurkan Covid-19 vaksin itu ditoleransi dan imunogenik pada orang dewasa yang sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar