Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Backup Data dan Chat WhatsApp di Android maupun iOS

Cara Backup Data dan Chat WhatsApp di Android maupun iOS

INDOZONE.ID - Cara backup WhatsApp merupakan cara penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada data di aplikasi WhatsApp smartphone.

Backup WhatsApp yang dimaksudkan bertujuan untuk menjaga data pribadi di dalam WhatsApp (WA), baik itu foto, dokumen, maupun chat lama yang tersimpan di dalam aplikasi.

Untuk menghindari hilangnya data penting tersebut, pengguna WhatsApp disarankan mencadangkan seluruh data dengan bantuan fitur backup data WhatsApp.

Lalu, bagaimana cara backup WhatsApp di smartphone Android maupun iOS? Berikut ini dirangkum Indozone, cara backup dan restore WhatsApp dengan Google Drive di Android/iOS:

Cara Backup WhatsApp di Smartphone Android

cara backup data WhatsApp di AndroidAplikasi WhatsApp di smartphone (Pexels/Anton)

Cara backup data dan chat WhatsApp di Android ke Google Drive tidak sulit, cukup menggunakan nomor telepon dan akun Gmail yang sama ketika mendaftar WhatsApp pertama kali.

Jika kamu ingin melakukan backup data WhatsApp, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di Android. Kemudian, pilih 'Opsi Lainnya', lalu pilih 'Setelan', klik 'Chat', dan pilih 'Cadangan Chat'.
  • Setelah itu, pilih cadangkan ke 'Google Drive' dan klik akun Google yang ingin digunakan sebagai tempat backup data WhatsApp.
  • Lalu, pilih 'Cadangkan' untuk melakukan backup data. Apabila sudah selesai dilakukan, backup WhatsApp di Google Drive dapat dilihat di smartphone baru.

 
Cara Backup WhatsApp di Smartphone iPhone

cara backup data WhatsApp di smartphone iPhoneAplikasi WhatsApp di iPhone (Pixabay)

Selain untuk Android, cara backup WhatsApp juga berlaku bagi pengguna smartphone iPhone. Caranya hampir sama dengan backup WA di Android.

  • Kamu sebagai pengguna cukup membuka aplikasi WA di iPhone. Lalu, pilih 'Pengaturan', klik 'Chat', dan pilih 'Cadangkan' atau 'Chat Backup'.
  • Terakhir, pilih 'Cadangkan Sekarang' atau 'Auto Backup'. Dengan begitu, semua data di WhatsApp akan tersimpan aman pada Google Drive yang terhubung dengan nomor WhatsApp-mu.

Nah, itulah cara backup data WhatsApp di iPhone maupun Android yang bisa kamu ikuti untuk menyimpan data, baik foto maupun chat di dalam aplikasi WhatsApp smartphone.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar