Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Musisi Cover Ramaikan Kanal YouTube, Ini Kata Ariel Noah

Musisi Cover Ramaikan Kanal YouTube Ini Kata Ariel Noah

INDOZONE.ID - Penyanyi Ariel Noah membeberkan pandangannya, terkait banyaknya musisi cover atau artis cover yang muncul belakangan ini.

Dalam kanal YouTube dunia MANJI, Ariel mengatakan bahwa musisi cover berhubungan dengan copyright atau hak cipta. Dalam kesempatan itu, Ariel menceritakan bahwa ia pernah dibilang netizen tak menghargai hak cipta, karena video yang diunggahnya memakai lagu dari grup musik lain.

"Nah, abis gue upload, trigger-nya ada yang komen, 'woy copyright woy', enggak tau gue yang salah baca nada tulisannya karena enggak ada emot icon-nya ya, enggak ada intonasi," jelas Ariel kepada Anji.

Ariel Noah soal musisi coverAriel Noah. (nstagram/@arielnoah)

Meskipun begitu, Ariel mencoba untuk berpikir positif bahwa orang itu tak tau apa arti dari hak cipta. Akhirnya, Ariel mencoba menjelaskan soal hak cipta. Namun setelah itu, komentar dari netizen tersebut malah dihapus.

"Gue bilang, lu tuh ngomongnya kayak gue ngelakuin kejahatan, gue tau itu copyright, copyright itu kan bahasa Indonesianya hak cipta, jadi ada yang bilang lagu ini ada hak ciptanya, that's it itu saja sebetulnya," jelasnya.

Namun menurut Ariel, ada hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan karya orang lain, seperti di YouTube.

"Nah, konsekuensinya gue tau itu, YouTube sudah ngasih tau semua keuntungan dari video ini itu akan dikasih tau sama yang punya lagu, ya gue bilang enggak apa-apa orang lagunya bagus kok, jadi memang niat gue begitu," sambungnya.

Menurut Ariel, yang salah dari musisi cover ialah, tidak minta izin terlebih dahulu, dan bahkan tidak mendapatkan izin sama sekali dari pemilik karya, namun tetap diunggah.

"Kecuali kalau yang punya lagunya enggak pengin gue masukin ke dalam videonya, jadi kalau misalnya yang punya lagunya enggak pengin, pasti take down sendiri tuh," tegas Ariel.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar