Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Mudah Menenangkan Anak Ketika Sedang Alergi

Cara Mudah Menenangkan Anak Ketika Sedang Alergi

INDOZONE.ID - Saat alergi kambuh, dampak yang muncul bukan hanya ke fisik tapi juga memengaruhi mental. Tak bisa dipungkiri, ketika timbul reaksi alergi, seseorang akan merasa stres. Hal ini bisa dirasakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Rasa stres itu tentunya harus dikelola dengan baik untuk menjaga kesehatan mental. Kebanyakan orang dewasa bisa mengelola stres lebih baik bila dibandingkan dengan anak-anak. Oleh karenanya, orangtua yang memiliki anak dengan alergi harus lebih memerhatikan kondisi mental anak ketika muncul reaksi alergi.

"Saat alerginya kambuh, anak biasanya stres dan memunculkan perilaku tertentu. Orangtua harus fokus pada perilakunya," ujar psikolog dari TigaGenerasi Putu Andani, M.Psi dalam suatu diskusi online baru-baru ini.

Putu mengatakan, kebanyakan orangtua umumnya lebih fokus terhadap memikirkan cara agar anak tidak tersinggung dengan kata-katanya saat reaksi alergi kambuh. Sebab rata-rata menganggap ketika anak stres bisa ditenangkan dengan kata-kata. Padahal ada cara lain untuk mengatasi stres pada anak ketika alergi kambuh.

"Caranya mudah, bermain. Bermain itu penting bagi anak karena cara paling nyaman untuk menyalurkan perasaan negatif. Saat reaksi alergi kambuh, anak enggak tahu perasaannya seperti apa, jadi bisa dibantu dengan bermain," kata Putu.

Ketika anak bermain, berikan ruang untuk mengeksplor dan memimpin permainan guna menghilangkan stres. Orangtua tinggal memberi fasilitas dan mengikuti alur yang diajak anak. Selain memerhatikan perasaan anak saat reaksinya kambuh, orangtua juga harus lebih peduli terhadap emosi anak dalam kehidupan sehari-hari.

anakIlustrasi anak tengah alergi.(freepik)

Dikatakan oleh Putu, anak dengan alergi memiliki kecenderungan merasa berbeda dari teman-temannya. Oleh karena itu, orangtua perlu mencari dukungan sosial. Misal, anaknya berteman dengan anak lain yang memiliki alergi juga.

"Cari social support, berteman dengan anak yang punya masalah serupa, jadi anak merasa tidak sendirian. Lalu support material anak dan jangan lupa beri informasi yang jelas, apalagi anak belum mengerti secara konkret tentang kondisinya yang memilki alergi," ucap Putu.

Dirinya menambahkan, pada umumnya anak-anak belum memahami tentang alergi. Anak membutuhkan informasi secara konkret tentang alergi. Terkadang mereka butuh melihat secara nyata. Orangtua bisa menjelaskan tentang alergi dan penyebabnya kepada anak dengan gambar.

"Jangan lupa juga parents wellbeing agar terjadi interaksi yang baik antara orangtua dengan anak. Self care, me-time, itu lenting bagi orangtua agar lebih rileks, lebih nyaman saat interaksi dengan anak," pungkas Putu.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar
    Artikel Untukmu
    14 meme tentang banjir yang gak kalah kocak nya :v
    Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti "air mengalir", kat
    Penampakan Ini Buktikan Kekuatan Wanita Ber-High Heels
    Untuk menunjang penampilan di dunia karir terutama didunia entertainment high heels seperti sebuah kewajiban bagi wanita. Saking terbiasanya memakai sepatu dengan hak yang cukup tinggi sederetan wanita-wanita ini bagai memiliki kekuatan super. Sebut saja
    Studi: Puasa Intermiten Dapat Menyebabkan Hilangnya Otot
    menurut penelitian terbaru tentang puasa intermiten mungkin membuat kamu berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk mengikuti diet tersebut.
    Jeon Hye Bin Tampak Bersinar Dalam Foto Pernikahan yang Diambil di Bali
    Jeon Hye Bin merupakan wanita paling berbahagia. Usai kabar pernikahannya dikonfirmasi, kini ia mulai memaerkan deretan foto wedding parti yang diselenggarakan di Bali. Happy Married Company mengunggah beberapa foto dari pernikahan selebriti itu. Jeon Hye
    Inilah Tragedi Pembantaian Masal Manusia yang Pernah Terjadi di Indonesia
    Indonesia mengalami masa penjajahan yang sangat panjang, dan bahkan setelah merdeka pun, pertarungan di dalam negeri sendiri masih harus dibereskan. Salah satu kejadian di masa kelam tersebut adalah adanya pembantaian masal yang dilakukan secara berturut-turut, alias genosida.