Indozone ID Menulis artikel
@indozone

12 Aplikasi Dokter untuk Konsultasi Kesehatan Medis Terbaik

12 Aplikasi Dokter untuk Konsultasi Kesehatan Medis Terbaik

INDOZONE.ID - Kini, jasa layanan online kian menjamur. Bukan hanya toko atau bisnis online, jasa konsultasi kesehatan online via aplikasi pun mulai bermunculan.

Hadirnya aplikasi dokter untuk konsultasi medis seolah menjawab kebutuhan kaum urban yang tak ingin repot antre demi sekadar konsultasi kesehatan.

Aplikasi konsultasi dokter ini bisa diunduh gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Hanya dengan download aplikasi tersebut, akses kamu untuk konsultasi dengan dokter ahli di bidangnya akan semakin mudah.

Aplikasi Dokter untuk Konsultasi Kesehatan Medis Terbaik

Dirangkum Indozone, berikut ini rekomendasi aplikasi konsultasi kesehatan medis terbaik yang bisa kamu download:

1. Halodoc

Aplikasi konsultasi dokter HalodocAplikasi konsultasi dokter Halodoc (halodoc.com)

Halodoc merupakan salah satu aplikasi medis terpercaya yang memudahkan kamu konsultasi langsung dengan dokter seputar kesehatan.

Kamu nggak perlu khawatir, karena setiap dokter yang tergabung dipastikan sudah punya surat tanda registrasi (STR) dan surat izin praktik.

Terlebih, aplikasi ini menyediakan metode komunikasi dengan dokter lewat fitur Chat dan Voice/Video Call dari smartphone. 

Selain konsultasi, tersedia juga layanan ApotikAntar untuk urusan beli obat dari apotek-apotek mitra Halodoc.

2. Alodokter

Aplikasi konsultasi kesehatan terbaikAplikasi konsultasi kesehatan terbaik (alodokter.com)

Opsi lain setelah Halodoc, ada Alodokter yaitu aplikasi konsultasi dokter online. Pertanyaanmu apa saja seputar dunia medis pasti akan dijawab oleh dokter-dokter berpengalaman di Alodokter.

Bagi kamu yang suka baca artikel kesehatan, Alodokter juga menyediakan bacaan menarik tentang kesehatan dan penyakit.

3. KlikDokter

Aplikasi konsultasi kesehatan terpercaya KlikDokterAplikasi konsultasi kesehatan KlikDokter (klikdokter.com)

Aplikasi konsultasi kesehatan KlikDokter punya fitur unggulan 'Live Chat' untuk pengguna agar mudah menghubungi dokter berkompetensi di bidangnya.

Menarik lagi, ada fitur Info Sehat berisi artikel menarik seputar dunia kesehatan yang langsung ditulis oleh tim dokter.

4. Go-Dok

Aplikasi konsultasi dokter online gratis Go-DokAplikasi konsultasi dokter online gratis Go-Dok (go-dok.com)

Mau konsultasi online gratis dengan dokter ahli untuk menangani masalah kesehatanmu? Pas banget, karena aplikasi Go-Dok dapat memfasilitasi kebutuhan itu, guys.

Lewat fitur Tanya Dokter, para pengguna dapat melakukan sesi tanya-jawab dengan dokter secara gratis.

Ada pula fitur Informasi Kesehatan berisi artikel dan video kesehatan, mulai dari tentang diet sehat, kehamilan, bayi dan anak, obat-obatan, dan lainnya.

5. SehatQ

Aplikasi dokter konsultasi kesehatan online SehatQAplikasi dokter konsultasi kesehatan online SehatQ (sehatq.com)

Startup di bidang kesehatan SehatQ meluncurkan aplikasi untuk memudahkan penggunanya menjaga kesehatan.

Aplikasi SehatQ hadir dengan dua fitur utama, yakni Chat Dokter dan Booking Dokter, serta tersedia dalam dua versi, Android dan iOS.

Melalui fitur Chat Dokter, pengguna dapat berkonsultasi secara realtime dengan tim dokter SehatQ yang berpengalaman. 

Berbeda dengan aplikasi lainnya, SehatQ hadir bukan hanya untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan, namun juga mendampingi pengguna menerapkan gaya hidup sehat.

Sementara itu pada fitur Booking Dokter, pengguna dapat memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ.

Bagi rumah sakit dan klinik, fitur ini membantu penjadwalan pasien rawat jalan sehingga layanan untuk pasien lebih baik dan efisien.

6. YesDok

Aplikasi kesehatan online terbaik di IndonesiaAplikasi kesehatan online terbaik di Indonesia YesDok (yesdok.com)

YesDok adalah aplikasi kesehatan terbaik untuk konsultasi dokter online selama 24 jam. Lewat aplikasi ini, pasien bisa tanya-jawab dengan dokter tentang penyakit dan kesehatan.

Konsultasi kesehatan digital melalui aplikasi YesDok sangat efektif, terlebih ada fitur video call, voice call, dan live chat dokter yang disediakan.

Sehingga, untuk konsultasi kesehatan dengan dokter tidak lagi harus datang ke rumah sakit. Cukup unduh aplikasi YesDok ini saja!

7. ProSehat

Aplikasi kesehatan online terpercaya di Indonesia ProSehatAplikasi kesehatan online terpercaya di Indonesia ProSehat (play.google.com)

Berikutnya, ada juga aplikasi kesehatan andalan keluarga Indonesia untuk mendapatkan produk dan jasa kesehatan terpercaya dengan mudah, mulai dari vaksinasi sampai fisioterapi.

Khusus layanan vaksinasi, pengguna tinggal pilih jenis vaksinasi apa yang diinginkan serta dapat memilih sendiri jadwal vaksinasi/imunisasi dari aplikasi.

Berbagai kelebihan yang bisa didapatkan dari aplikasi ini, di antaranya produk vaksin dijamin asli, ditangani langsung oleh dokter berlisensi resmi, sampai proses pembayaran yang mudah.

Dapatkan juga tips kesehatan ekskulsif seperti tips kehamilan, kelahiran hingga menyusui untuk ibu dan bayi serta tips-tips kesehatan lain.

8. PakDok

Layanan kesehatan online terbaik di Indonesia PakDokLayanan kesehatan online terbaik di Indonesia PakDok (play.google.com)

Pakdok termasuk salah satu layanan kesehatan berbasis aplikasi terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan primer dalam genggaman.

Aplikasi konsultasi kesehatan online PakDok  dapat diakses selama 24 jam kapan dan di mana saja.

Terdaftar di Konsili Kedokteran Indonesia dan memiliki Surat Ijin Praktek dari Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah, para dokter di Pakdok siap melayani pertanyaan kesehatan dengan sepenuh hati, tanpa biaya, tanpa komitmen, dan tanpa antri.

Dengan memanfaatkan teknologi online, Pakdok menjadi jawaban terhadap tantangan yang lazim ditemui dalam pelayanan kesehatan, seperti waktu tunggu, ketersediaan tenaga medis, keterbatasan jam operasional, dan biaya tinggi.

9. Dokter Diabetes

Aplikasi konsultasi kesehatan medis terpercaya di IndonesiaAplikasi konsultasi kesehatan medis terpercaya, Dokter Diabetes (play.google.com)

Sesuai namanya, Dokter Diabetes menjadi aplikasi konsultasi medis terbaik di Indonesia yang akan membantu para pengguna terhubung dengan dokter spesialis dan ahli gizi di mana saja.

Aplikasi ini diciptakan dengan harapan dapat mempermudah penderita diabetes dan caregiver untuk menemukan informasi seputar diabetes.

Adapun kelebihan aplikasi Dokter Diabetes ini dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan kesehatan, meliputi:

  • Konsultasi dengan dokter umum, spesialis, dan ahli gizi tanpa biaya.
  • Membaca informasi terbaru sekitar diabetes di bagian artikel.
  • Mendapatkan referensi resep obat yang sehat untuk penderita diabetes.
  • Menghitung dan memantau jumlah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Mencatat dan memantau tingkat glukosa dalam darah dan juga berat badan ideal tubuh.
     

10. ApaSakitKu (ASK)

Aplikasi konsultasi kesehatan daring gratis di IndonesiaAplikasi kesehatan daring di Indonesia ApaSakitKu (Facebook/Apasakitku)

Selanjutnya, Indozone rekomendasikan aplikasi ApaSakitKu (ASK) buatan anak bangsa yang mampu mendeteksi kemungkinan penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan seseorang.

Nantinya, setiap pengguna akan diberi peringatan apabila penyakit yang diderita merupakan penyakit gawat dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur chatting untuk konsultasi dokter secara online dan gratis.

Meski telah dilengkapi fitur konsultasi dokter, ApaSakitKu hanya membantu memberikan informasi kesehatan yang memadai kepada setiap pengguna.

11. Lokadok

aplikasi kesehatan terbaik Indonesia LokadokAplikasi kesehatan terbaik Lokadok (lokadok.co.id)

Sama seperti aplikasi kesehatan terbaik lainnya, Lokadok juga hadir memberikan kemudahan interaksi antara dokter dengan pasien kapan saja.

Aplikasi kesehatan online ini dibuat oleh seorang pria lulusan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) Australia bernama Daniel Yo.

Lewat aplikasi ini, setiap pasien dapat menemukan dokter dengan semua spesialisasi secara cepat dan mudah. Latar belakang pendidikan dokter dan jadwal praktek setiap dokter pun bisa diketahui melalui aplikasi Lokadok.

Kamu hanya perlu memilih spesialisasi dokter dan tuliskan wilayah yang ingin didatangi, serta nama dokter (sifatnya optional).

12. Practo

Aplikasi konsultasi medis online terbaik PractoAplikasi konsultasi medis online terbaik Practo (asianage.com)

Terakhir, aplikasi konsultasi medis bernama Practo yang menawarkan kemudahan konsultasi antara dokter dengan pasien secara online sesuai kebutuhan.

Selain fitur konsultasi, Practor menyediakan layanan pemesanan obat secara online dan memungkinkan semua rekam medis tercatat rapi dalam satu aplikasi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi konsultasi kesehatan online terbaik dan terpercaya yang bisa kamu unduh.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya, guys. Baca artikel menarik lainnya hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar