Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat, Tarif Tiket Masuk & Spot Menarik

Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat Tarif Tiket Masuk amp Spot Menarik

INDOZONE.ID - Wisata Pantai Pangandaran tentu sudah tak asing lagi bagi para pelancong. Tempat wisata pantai Pangandaran kerap menjadi tujuan berlibur masyarakat dari daerah lain, begitu juga dengan turis-turis asing.

Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran yang berada di sebelah tenggara Provinsi Jawa Barat.

Ketika musim liburan tiba, dapat dipastikan wisata Pantai Pangandaran akan ramai dengan pengunjung yang jumlahnya membludak daripada hari biasa.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Pantai Pangandaran, pasti akan terpukau melihat pemandangan alam di tempat wisata ini. Ramah tamah warga setempat yang menjajakan barang dagangan pun membuatmu betah berlama-lama.

Di sisi lain, mata pencaharian warga sekitar wisata Pantai Pangandaran adalah nelayan. Jaring-jaring ikan bisa langsung terlihat dari kejauhan, menambah kesan eksotik pada keindahan pantai apalagi saat matahari terbit dan terbenam.

Keunggulan Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat

keunggulan wisata pantai pangandaran jawa baratWisata Pantai Pangandaran (exoticjavatrails.com)

Untuk bisa tiba di wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat, jarak yang harus kamu tempuh kurang lebih 91 kilometer dari Kabupaten Ciamis. Sedangkan jika dari Bandung, jarak yang ditempuh sekitar 212 kilometer. 

Sebenarnya, di sekitar daerah Pangandaran, ada banyak sekali wisata pantai yang tak kalah menarik, seperti Pantai Batu Hiu, Pantai Madu Sari, Pantai Batu Kasar, Pantai Pananjung, dan lain-lain.

Hanya saja, Pantai Pangandaran sudah menjadi objek wisata andalan Pangandaran sejak tahun 2012, pasca pemekaran dari Kabupaten Ciamis.

Selain itu, alasan wisata Pantai Pangandaran selalu ramai dikunjungi karena lokasinya langsung menghadap ke Samudera Hindia. Gulungan ombak besar yang apik begitu dinantikan setiap pengunjung.

Para pelancong termasuk turis-turis asing biasanya menyempatkan diri untuk mencoba berbagai macam jenis olahraga air seperti jet ski.

Beragam acara festival dan budaya pun sering digelar di sekitar objek wisata Pantai Pangandaran. Misalnya saja, hajat laut yang digelar satu tahun sekali pada bulan Muharram.

Tarif Tiket Masuk Wisata Pantai Pangandaran

tarif tiket masuk wisata pantai pangandaran Jawa BaratWisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat (Wikipedia)

Dinas pemerintah Kabupaten Pangandaran yang terlibat mengelola wisata Pantai Pangandaran telah menetapkan tarif tiket masuk bagi setiap pengunjung.

Adapun rincian tarif tiket masuk wisata Pantai Pangandaran, sebagai berikut:

  • Pejalan kaki, Rp6.000 per orang.
  • Sepeda motor, Rp12.500 per kendaraan.
  • Jeep atau sedan, Rp32.000 per kendaraan.
  • Mobil carry, Rp62.000 per kendaraan.
  • Kendaraan kapasitas besar, Rp89.00.
  • Bus mini, Rp118.000.
  • Bus sedang, Rp181.000.
  • Bus besar, Rp293.000.
     

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran tersebut sudah termasuk biaya penggunaan fasilitas umum, mulai dari kamar mandi, WC/toilet, dan ruang ganti pakaian.

*Tarif tiket masuk di atas bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut.

Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Pantai Pangandaran

Kalau sudah tiba di wisata Pantai Pangandaran, kamu tidak perlu bingung lagi mencari tempat wisata alam yang menarik. Karena, di Pangandaran banyak sekali objek wisata seru, terutama wisata pantai.

Untuk wisata Pantai Pangandaran sendiri ada beberapa spot pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan, sebagai berikut:

1. Pantai Pananjung

tempat wisata pantai pananjung pangandaran Jawa BaratWisata Pantai Pananjung Pangandaran (Instagram/@sukadist)

Di sebelah barat Pantai Pangandaran, ada namanya Pantai Pananjung. Tempat wisata pantai ini tidak menampilkan ombak begitu besar.

Selain itu, di sekitar Pantai Pananjung ada sebuah kawasan perlindungan satwa milik pemerintah, mulai dari monyet, rusa, dan satwa lainnya.

Keunikan lain dari Pantai Pananjung yaitu terdapat gua alami yang sudah ada sejak masa penjajahan Jepang saat Perang Dunia II. Gua ini dulunya sebagai bungker untuk berbagai tujuan.

2. Pantai Timur

tempat wisata Pantai Timur Pangandaran Jawa BaratPantai Timur Pangandaran (tripadvisor.com)

Ingin menikmati hidangan laut yang lezat? Di Pantai Timur, kamu bisa menyantap aneka hidangan laut sambil melihat pemandangan laut lepas yang indah ditambah sejuknya angin sepoi-sepoi.

Pantai Timur Pangandaran memang paling banyak dikunjungi para pelancong karena di sini ada pasar laut. Jadi, kamu bisa langsung beli ikan-ikan laut dari hasil tangkapan nelayan sekitar Pangandaran.

3. Pantai Batu Karas

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PANGANDARAN (@explorepangandaran) on Aug 28, 2019 at 6:26pm PDT

Penggemar olahraga surfing wajib sekali datang ke Pantai Batu Karas. Lokasinya berada di Jalan Batu Karas, Desa Batukaras, Cijulang, Pangandaran.

Tapi kalau kamu hanya ingin bersantai menikmati pemandangan pantai, disarankan datang sore hari menjelang matahari terbenam.

4. Curug Citumang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PANGANDARAN (@explorepangandaran) on Oct 6, 2019 at 8:43pm PDT

Masih di sekitar wisata Pantai Pangandaran, tepatnya di Komplek Objek Wisata Citumang Sukamanah, Bojong, Parigi. Dari Pantai Pangandaran, butuh waktu sekitar 19 menit dengan kendaraan untuk tiba di sini.

Curug Citumang sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan body rafting. Sebelum tiba di lokasi air terjun, kamu akan berjalan menyusuri sungai.

Tempat Belanja Oleh-oleh atau Souvenir Pangandaran

tempat belanja souvenir wisata pantai pangandaramWisata Pantai Pangandaran (travelpangandaran.com)

Datang ke Pantai Pangandaran tentu kurang lengkap rasanya tanpa mengabadikan momen, berfoto, hingga belanja souvenir murah meriah khas Pangandaran.

Bicara soal oleh-oleh, masyarakat Pangandaran diberi kesempatan oleh pemerintah setempat untuk meningkatkan perekonomian dengan berjualan pernak-pernik sebagai souvenir bagi para pengunjung.

Jadi, kalau ingin belanja souvenir atau oleh-oleh makanan khas dari Pangandaran, kamu bisa langsung lihat pernak-pernik menarik di sekitar pantai.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar