Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Vitamin C Setiap Hari

Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Vitamin C Setiap Hari

INDOZONE.ID - Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas sangatlah penting agar tidak mudah terserang penyakit. Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Saat ini sebagian besar masyarakat mulai beraktivitas di luar rumah padahal penularan virus corona baru atau SARS-CoV-2 masih menghantui.

Oleh karenanya, tidak heran bila beberapa orang melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatannya. Salah satu yang sering menjadi pilihan adalah konsumsi suplemen atau suntik vitamin C 1000 mg.

Vitamin C memang telah lama diketahui dapat membantu meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan kulit. Namun apakah konsumsi vitamin C dosis tinggi berpengaruh?

"Kalau saya sih sebenarnya tidak menyarankan konsumsi salah satu nutrisi berlebihan karena yang lebih baik adalah asupan gizi seimbang dengan jumlah yang tepat. Jika dari sumber bahan makanan tidak tercukupi baru berikan suplementasi," kata spesialis gizi klinik dr Diana F. Suganda, M.Gizi, Sp.GK dalam suatu webinar, Rabu (10/6/2020).

Lebih lanjut dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya itu menambahkan, orang-orang dengan indikasi tertentu memang terkadang membutuhkan dosis vitamin C yang tinggi. Akan tetapi, tetap harus di dalam pengawasan dokter agar dosisnya aman. Selain itu pemberiannya tidak perlu setiap hari.

Sebenarnya angka kecukupan gizi untuk vitamin C adalah 90 mg/hari. Jumlah itu bisa dipenuhi dari konsumsi 2-3 buah jeruk setiap hari. Namun untuk perokok atau berisiko mengalami peradangan, konsumsi yang disarankan bisa mencapai 6-7 buah jeruk per hari.

"Suntik vitamin C itu tidak harus semua orang. Kalau dosisnya berlebihan efeknya malah bisa ke lambung, diare, mual muntah, nyeri ulu hati, sakit kepala, dan insomnia," pungkas dr Diana.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar