Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Tak Cuma Nutrisi, Anak Perlu Hal Ini agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Tak Cuma Nutrisi Anak Perlu Hal Ini agar Tumbuh Kembangnya Optimal

INDOZONE.ID - Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh kembang dengan optimal. Namun untuk mewujudkan hal itu tentunya perlu usaha.

Membuat anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, ada beberapa tips untuk orangtua. Pertama memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberikannya makanan sehat dan bergizi. Kedua memberikan stimulasi yang baik bagi perkembangan anak.

Psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M menyebutkan, ada beberapa faktor untuk membuat anak bisa tumbuh dengan baik, salah satunya stimulasi. Orangtua diharapkan untuk selalu bisa mengawal perkembangan anak.

Ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak (Yandex)

"Penting untuk memberikan stimulasi untuk anak sesuai dengan kelompok usianya. Misalnya, di usia satu tahun, anak bisa diajarkan kata-kata yang simple seperti ‘makan’, ‘minum’, dan sebagainya," kata Ratih dalam konferensi pers online peluncuran ‘Nutritods 101 Monitor’ yang digelar Dancow, Selasa (19/5/2020).

Seiring bertambahnya usia anak, tentu terjadi perubahan dan perkembangan otak. Oleh karenanya stimulasi yang diberikan kepada anak juga harus berbeda, menyesuaikan kemampuan anak yang sudah bertambah. Stimulasi untuk anak satu tahun tentu berbeda pada anak usia 2 atau 3 tahun.

"Anak-anak punya kemampuan bertambah setiap waktu. Setelah usia 1 tahun, di usia 2 sampai 3 tahun bisa diajarkan kata-kata yang lebih banyak lagi," ucap Ratih.

Tak cukup stimulasi, semuanya itu harus didukung oleh kasih sayang dari orangtua. Kasih sayang tersebut berdampak pada tumbuh kembang anak.

"Semua itu bisa dilakukan dengan dukungan cinta orangtuanya termasuk saat anak melakukan eksplorasi baru untuk dunianya. Apabila anak sudah bahagia, maka tumbuh dan kembangnya akan optimal," pungkas Ratih.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar