Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ini Masalah Kulit yang Sering Ditemui pada Anak Selama Pandemi Covid-19

Ini Masalah Kulit yang Sering Ditemui pada Anak Selama Pandemi Covid-19

INDOZONE.ID - Berada di rumah saja selama masa pandemi Covid-19 memang membuat orang rentan terkena stres. Tak hanya orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres karena aktivitasnya terbatas. Bukan hanya kesehatan mental, rasa stres pada anak juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan kulitnya.

Ada sejumlah masalah kulit yang ditemui pada anak selama berdiam diri di rumah di tengah pandemi Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh spesialis kulit-dermatologi pediatrik dr Tina Wardhani Wisesa, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV.

"Sebelum pandemi Covid-19 biasanya anak stres pas mau masuk sekolah, biasanya eksim kambuh. Padahal selama liburan kulitnya bersih. Di masa pandemi, anak stres enggak bisa keluar muncul eksim, ketombe, gatal-gatal," ujar dr Tina dalam suatu diskusi online, Selasa (12/5/2020).

Tentu masalah kulit pada anak harus segera ditangani. Dikatakan oleh dr Tina, langkah utama yang harus dilakukan orangtua adalah memastikan perawatan kulit anak sudah bersih. Contohnya langsung mengeringkan kulit anak ketika berkeringat. Setelah itu bisa diberikan bedak.

"Jangan langsung kasih bedak pas berkeringat, bisa beruntusan. Perawatan kuit nomor satu. Untuk menangani stres bisa melakukan kegiatan olahraga, orangtua mungkin harus mulai biasakan cari kegiatan indoor," kata dr Tina.

Selain karena stres, masalah kulit lain yang ditemui pada anak selama pandemi Covid-19 adalah kulit kering. Hal ini dikarenakan anak lebih sering terpapar AC ketika berada di dalam rumah.

Menurut dr Tina, dirinya sering menemukan anak dengan kondisi kulit kering yang sudah menjalar kemana-mana. Jadi bukan hanya di tangan, melainkan sudah ke seluruh tubuh bahkan sampai ke kulit kepala.

"Kalau kulit anak enggak sensitif, dikasih pelembap cukup untuk mengatasi kulit kering. Tapi kalau bermasaah enggak cuma pelembap, butuh pengobatan lain ke dokter," pungkas dr Tina.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
1
1 none
Komentar