Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ini yang Terjadi Pada Tubuh saat Berhenti Mengonsumsi Gula

Ini yang Terjadi Pada Tubuh saat Berhenti Mengonsumsi Gula

INDOZONE.ID - Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, jagung, singkong, roti, dan bahkan gula.

Namun, asupan gula harian setiap hari perlu dikontrol. Hal ini karena, mengonsumsi gula berlebih bisa menyebabkan berbagai dampak negatif pada tubuh, salah satunya diabetes.

Jika mengonsumsi gula berlebih meningkatkan risiko penyakit, lalu apa yang bakal terjadi pada tubuh kalau kamu berhenti mengonsumsi gula? Berikut ulasannya.

1. Kulit Lebih Sehat

Berhenti Mengonsumsi Gula? Ini yang Akan Terjadi Pada TubuhIlustrasi kulit sehat. (Pexels/Min An)

Hal pertama yang akan terjadi pada tubuh saat kamu berhenti mengonsumsi gula yakni kulit menjadi lebih sehat. Mengurangi konsumsi gula baik untuk mencegah berkurangnya kadar kolagen dalam tubuh. Kurangnya kolagen menyebabkan kulit menjadi pucat dan tak lentur lagi.

2. Menurunkan Berat Badan

Berhenti Mengonsumsi Gula? Ini yang Akan Terjadi Pada TubuhIlustrasi turun berat badan. (Pixabay)

Taukah kamu? Gula berubah menjadi lemak saat tak digunakan. Oleh sebab itu, semakin sedikit mengonsumsi gula bisa membantu kamu menurunkan berat badan lebih cepat. Tak hanya itu, mengurangi konsumsi gula juga membuat tubuh memproduksi insulin lebih sedikit. Insulin merupakan hormon yang bertanggungjawab menyimpan lemak.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Berhenti Mengonsumsi Gula? Ini yang Akan Terjadi Pada TubuhIlustrasi tidur. (Pixabay/Claudio_Scott)

Mengonsumsi gula berlebih dapat menunda pelepasan melantonin di otak. Padahal itu penting untuk mengontrol tidur kamu. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga bisa membuat kamu lebih merasa gelisah pada malam hari. Dengan kamu mengurangi konsumsi gula, hal itu akan memperbaiki kualitas tidur.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh kalau kamu berhenti mengonsumsi gula. Gimana menurut kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
1
1 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar