Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Mantap! Pandi Gelar Kompetisi Membuat Website Beraksara Jawa

Mantap Pandi Gelar Kompetisi Membuat Website Beraksara Jawa

INDOZONE.ID - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) baru-baru ini telah menggelar sebuah kompetisi dalam membuat situs website berdomain aksara jawa atau hanacakara.

Kompetisi ini diketahui digelar oleh Pandi bersama dengan komunitas pegiat aksara Yogyakarta dan juga Dinas Kebudayaan DIY Yogyakarta untuk melestarikan salah satu budaya di Indonesia.

Contoh situs yang menggunakan aksara Jawa buatan PandiContoh situs yang menggunakan aksara Jawa buatan Pandi (photo/Pandi)

Pandi sendiri sebelumnya telah mendaftarkan TLD atau Top Level Domain dengan menggunakan aksara Jawa. Pasalnya aksara Jawa baru-baru ini juga sudah masuk ke standar Unicode.

Maka dari itulah, saat ini Pandi sedang berusaha untuk menghadirkan website-website beraksara Jawa tersebut dan mendaftarkannya ke Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) selaku pengelola nama domain global.

"Aksara Jawa kini sudah masuk ke standar Unicode, maka dari itu dirasa perlu untuk melestarikan serta mengembangkan konten di dunia digitalnya," ucap Chief Registery Office dari Pandi, Muhamad Shidiq Purnama dalam siaran persnya.

Selain itu Pandi juga mengatakan ke depannya mungkin aksara lain yang ada di Indonesia seperti Sunda, Bali, Batak, Bugis, Makassar, dan Rejang juga bisa didaftarkan menjadi sebuah domain.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar