Indozone ID Menulis artikel
@indozone

3 Tips Atasi Rasa Lelah untuk Kembalikan Kesegaran Tubuh

3 Tips Atasi Rasa Lelah untuk Kembalikan Kesegaran Tubuh

INDOZONE.ID - Kelelahan merupakan keluhan umum yang sering diungkapkan orang. Ada banyak hal yang menyebabkan tubuh mengalami lelah. Sebagai generasi produktif, milenial kerap tidak menyadari bahwa aktivitas yang padat, beban pikiran yang berat serta gaya hidup yang tinggi juga bisa memicu terjadinya kelelahan.

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan menjadi cepat lelah, tapi tenang ada beragam cara untuk melawan rasa lelah dn mengembalikan energi tubuh kembali. Berikut ini adalah beberapa cara membangkit energi usai mengalami kelelahan hingga berkepanjangan yang di lansir dari WebMD, Rabu (6/5/2020).

1. Melakukan banyak gerakan tubuh

Ilustrasi olahragaIlustrasi olahraga (Shape)

Meskipun dalam kondisi lelah, tubuh tetap meminta anda untuk tetap berolahraga.

"Latihan fisik secara konsisten mampu meningkatkan kekuatan dan kualitas hidup secara keseluruhan," kata Kerry J. Stewart, profesor kedokteran dan direktur fisiologi latihan klinis dan penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15 menit secara rutin. Berenang dan bersepeda dua sampai tiga kali per minggu selama 2,5 jam.

2. Minum air putih

Ilustrasi minum airMinum air (Probelle)

Minimnya pasokan air dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami kelelahan. Bahkan, Dan Judelson, PhD, asisten profesor kinesiologi di California State University di Fullerton mengatakan dehidrasi mengurangi kewaspadaan dan konsentrasi.

Untuk mengetahui apakah tubuh sudah tercukupi kebutuhan airnya, anda bisa memeriksa warna air seni, jika warnanya kucing pucat berarti normal, sedangkan apabila warnanya cenderung gelap berarti tubuh memerlukan air lebih banyak.  

3. Beristirahat

Tidur yang cukupTidur cukup (Healthy Burnett)

Penuhi kebutuhan istirahat tubuh setiap hari. Pastikan anda mendapatkan pola dan kualitas tidur yang baik. Selain tidur selama 7-8 jam di waktu malam, anda juga bisa melakukan tidur di siang hari selama 10 menit. Kondisi ini akan mengembalikan kesegaran dan semangat tubuh. Namun, hindari tidur siang lebih dari 30 menit, karena akan berdampak pada kualitas tidur di malam hari.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar