Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Pendidikan Indonesia vs Finlandia, Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Pendidikan Indonesia vs Finlandia Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

INDOZONE.ID - Finlandia sering kali dirujuk sebagai barometer keberhasilan pendidikan sebuah negara. Sistem pendidikan Negeri Nordik tersebut memberikan perhatian sangat besar pada pendidikan awal.

Sistem pendidikan Finlandia berbeda dengan prinsip dasar pendidikan di Indonesia. Sebagai contoh, Finlandia tidak memberikan banyak tugas atau pekerjaan rumah pada siswanya.

Penasaran seperti apa sistem perbedaan pendidikan Finlandia vsĀ Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (3/5/2020), simak berikut ini.

1. Tidak Banyak Tugas dan PR

Pendidikan Indonesia vs Finlandia, Negara dengan Pendidikan Terbaik di DuniaIlustrasi murid. (Pixabay)


Ketika anak-anak sekolah di Indonesia pulang sekolah membawa Pekerjaan Rumah (PR) dan harus merelakan sedikit waktu bermainnya untuk mengerjakan tugas, di Finlandia justru para siswa tidak perlu pulang ke rumah dengan membawa tugas yang banyak, mereka hanya membawa tugas yang memang relevan dengan bidang yang disukai.

2. Tidak Ada Ujian Hingga Usia 16 Tahun

Pendidikan Indonesia vs Finlandia, Negara dengan Pendidikan Terbaik di DuniaIlustrasi belajar mengajar di Finlandia. (koreaherald)


Setiap berada di tingkat akhir jenjang pendidikan, siswa di Indonesia wajib mengikuti ujian nasional yang dikenal menakutkan. Sistem pendidikan Finlandia tidak menganut Global Education Reform Movement yang menekankan sistem pendidikan yang bersifat kompetitif. Siswa di Finlandia tidak diwajibkan mengikuti ujian nasional kecuali jika mereka ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

3. Semua Murid Naik Kelas

Pendidikan Indonesia vs Finlandia, Negara dengan Pendidikan Terbaik di DuniaIlustrasi murid naik kelas. (Pexels/Feedyourvision)


Sistem ini menjadi hal yang ditakuti banyak siswa di Indonesia sekaligus menjadi 'cambuk' tiap siswa untuk belajar lebih keras. Berbeda dengan Finlandia, pembelajaran berlangsung secara kolaboratif. Sehingga tiap siswa akan berkembang bersama tanpa ada sistem kompetisi yang pada akhirnya hanya menghasilkan 'siswa pintar' dan 'siswa tidak pintar'.

4. Guru Wajib Lulusan S2

Pendidikan Indonesia vs Finlandia, Negara dengan Pendidikan Terbaik di DuniaIlustrasi guru. (Pexels/Christina Morillo)


Saat guru lulusan S1 sudah bisa mengajar di Indonesia, Finlandia justru menerapkan standar tamatan S2 sebagai syarat menjadi guru di negaranya. Finlandia pun menginvestasi besar-besaran untuk membiayai warganya untuk meraih gelar S2. Selain itu, guru di Finlandia wajib memahami disiplin ilmu psikologi perkembangan untuk muridnya.

5. Tidak Dikotak-kotakkan

Pendidikan Indonesia vs Finlandia, Negara dengan Pendidikan Terbaik di DuniaIlustrasi murid di Finlandia. (cicnews)


Tidak ada pembeda yang memisahkan tiap anak di Finlandia, tidak ada kelas reguler, kelas akselerasi dan sebagainya. Semua siswa diharuskan berkolaborasi untuk bisa berkembang bersama. Pendidikan mereka pun ditanggung oleh pemerintah hingga S1 tanpa perlu mengkhawatirkan biaya apapun, tanpa ada tekanan naik kelas atau kelulusan, dan perbedaan 'si pintar' dan 'si tidak pintar'.

Itulah pendidikan Indonesia vs Finlandia, negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Bagaimana menurut kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar
    Artikel Untukmu
    Sambut Natal, Dekorasi Rumah ini Justru Bikin Geleng-Geleng Kepala!
    Natal selalu ditunggu-tunggu oleh pemeluk Nasrani di seluruh dunia. Oleh sebab itu mereka berbondong-bondong mendekor rumah sebagus mungkin. Eh tapi, ada juga lho yang dekorasinya bikin gak habis pikir!
    Demi Perannya di Extraordinary You, Naeun Nonton Drama yang Dibintangi Lee Min Ho
    Naeun APRIL baru saja muncul dalam drama MBC, Extraordinary You. Dia menceritakan bagaimana persiapan untuk turut serta dalam serial, yang mana berperan sebagai karakter dalam komik.Idol cantik ini mengatakan bahwa sebelum syuting dimulai, ia melakukan ba
    Asli Ngakak! Jangan Ngaku Hebat Kalau Kamu Gak Bisa Berhasil Menghadapi Tantangan Membaca 7 Lirik Lagu Berikut
    Dalam suatu ajang kompetisi, hal yang paling umum akan kita temukan adalah penampilan bakat menyanyi dari para kontestan. Memang tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang di dunia ini yang menggemari dunia tarik suara. Bahkan, dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, banyak orang yang sering menyenandungkan sebuah lagu hanya untuk kesenangan semata. Meskipun hanya bermodalkan suara yang tidak terlalu merdu alias fales. haha. bercanda.
    Unik! 17 Gaya Rambut Ini Bikin Geleng Kepala!
    Dunia akan terasa hampa jika nggak ada hal-hal yang nyeleneh. Seperti cuplikan gambar tatanan rambut berikut ini. Entah apa yang dipikirkan mereka, yang jelas beberapa tatanan rambuh aneh ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagimu
    5 Kisah Vampir Ini Pernah Meneror Warga. Kamu Percaya?
    Keberadaan vampir masih menjadi misteri. Namun, 5 kisah ini membuktikan jika sosoknya pernah ada!