Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka Puasa

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka Puasa

INDOZONE.ID - Berbuka puasa jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua muslim yang sedang menjalani ibadah puasa. Memilih menu makanan dan minuman yang menyegarkan merupakan hal yang diutamakan. Biasanya menu berbuka puasa identik dengan makanan manis dan asin seperti kolak, lontong, gorengan, sampai es.

Tapi tahu nggak sih, nggak sekadar enak dan menggugah selera, makanan dan minuman berbuka puasa juga harus mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Berikut ini makanan berbuka puasa yang mampu mengembalikan energi tubuh kembali optimal.

1. Madu

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka PuasaIlustrasi madu. (Pexels/Pixabay)


Mengonsumsi kudapan manis saat berbuka merupakan hal yang disarankan. Berbeda dengan gula, madu justru sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka. Rasa manis pada madu dapat meningkatkan gula darah.

Selain itu, bagi kamu yang rutin mengonsumsi gorengan saat buka puasa juga bisa dinetralisir dengan madu guna menurunkan kadar trigliserida yakni lemak dalam darah yang mampu menebalkan pembuluh darah. Tak hanya memberikan stamina madu juga melancarkan proses pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kurma

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka PuasaIlustrasi kurma. (Pexels/Naim Benjelloun)


Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa disunnahkan Rasulullah SAW karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pasalnya kurma merupakan makanan yang kaya akan cairan dan mengandung gula alami. Mengingat kita juga perlu memasok kebutuhan gula alami dalam tubuh. Selain itu, antioksidan pada kurma mampu melindungi sel tubuh dan radikal bebas.

3. Pisang

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka PuasaIlustrasi pisang. (Pexels/Kio)


Sebagai buah yang mengandung A, B1, B2, dan C ini berperan penting untuk meredakan asam lambung. Tekstur pisang yang lembut juga dapat mengatasi rasa perih saat maag. Oleh sebab itu, pisang disarankan sebagai makanan buka puasa yang menyehatkan. Kandungan kalori pada pisang juga cukup lengkap sehingga cocok dikonsumsi saat buka maupun sahur. Ditambah lagi, vitamin dan nutrisi pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh usai puasa.

4. Yoghurt

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka PuasaIlustrasi yogurt. (Pexels/Vlad Che?an)


Menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat puasa bisa diisi kembali dengan mengonsumsi yoghurt saat berbuka puasa. Kandungan prebiotik pada yoghurt merupakan bakteri baik yang bisa melancarkan pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi 6 ons sampai 9 gram yoghurt saat berbuka dengan begitu tubuh akan terlindungi dari berbagai macam serangan penyakit.

5. Air Kelapa

5 Makanan Ini Bantu Kesegaran Tubuh Usai Berbuka PuasaIlustrasi kelapa muda untuk menyegarkan tubuh. (Pexels/Thunyarat Klaiklang)


Sudah kebayangkan bertapa segarnya mengonsumsi air kelapa saat buka puasa. Kandungan mineral, nutrisi, vitamin B, C, kalsium dan fosfor pada kelapa mampu menghilangkan dahaga setelah satu hari berpuasa. Sehingga tubuh bisa segar kembali.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar