Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Kenali Body Dysmorphic Disorder yang Tidak Puas dengan Bentuk Tubuh

Kenali Body Dysmorphic Disorder yang Tidak Puas dengan Bentuk Tubuh

INDOZONE.ID - Hampir setiap orang memiliki rasa minder dengan bentuk tubuh yang mereka miliki. Jika hal ini sangat parah, sulit menerima bentuk fisik akan menjadi gangguan dismorfik tubuh atau body dysmorphic disorder.

Body dysmorphic disorder ialah gangguan mental yang ditandai dengan ketidakpuasan pada bentuk tubuh tertentu. Mereka yang mengalami ini akan memikirkan kekurangan fisiknya, padahal orang lain tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Penderita gangguan ini membuat mereka merasa malu, cemas, bahkan hingga stres. Bahkan hal tersebut membuat mereka menarik diri dari situasi sosial.

Body dysmorphic disorder memiliki gejala yang beragam, seperti sering menanyakan penampilan pada orang lain, terlalu sering bercermin dan menjalani prosedur kecantikan tertentu.

Gangguan ini belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebabnya, hanya saja ada beberapa kemungkinan faktor risiko gangguan, seperti:

  • Kelainan struktur otak
  • Genetik atau keturunan
  • Faktor lingkungan, misalnya keluarga yang terobsesi dengan penampilan, perundungan atau bullying serta pernah mengalami kekerasan di masa lalu.

Kondisi ini bisa kamu kenali dengan beberapa tanda berikut ini:

  • Sering melakukan perawatan tubuh
  • Terlalu fokus pada bagian tubuh atau wajah saja
  • Terlalu fokus pada penampilan fisik
  • Takut orang lain menilainya dari fisik
  • Cemas dan depresi
  • Harga diri yang rendah.

Nah, saat kamu melihat tanda itu pada diri kamu atau orang terdekatmu segeralah untuk berkonsultasi dengan ahli jiwa.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar
    Artikel Untukmu
    Berani Beda, Poppy Sovia Lakukan Pre Wedding Berkonsep Unik!
    Jika banyak pasangan yang akan menikah melakukan pre wedding dengan konsep elegan dan manis, lain halnya dengan Poppy Sovia. Artis nyentrik tersebut telah melakukan pre wedding dengan konsep off road motocross yang merupakan hobby-nya dengan pasangan. Meskipun tampak berkotor-kotoran, mereka tetap terlihat romantis loh!
    Nikah Dijodohin ? Beneran Lanjut Enggak, Nih?
    Perbicara mengenai pernikahan selalu mengarah pada komponen sakral. Hubungan ini yang nantinya mengait dua orang manusia menjadi satu. Mereka harus bertahan hidup dengan kunci saling menghargai sekaligus memahami. Hal yang kemudian menjadi pertanyaan bagaimana jika hubungan tersebut hasil dari perjodohan?
    Viral Akibat Sawer Pelakor, Bu Dendy Pamer Keharmonisan Bersama Keluarga
    Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan aksi Bu Dendy yang memamerkan videonya seolah menyiram berlembar-lebar uang 100 ribu-an kepada seorang wanita yang digadang-gadang merebut suaminya. Seusai kabar heboh tersebut, Bu Dendy yang berstatus sebagai istri kedua rupanya memiliki kehidupan rumah tangga kembali harmonis dengan berbagai foto hangat yang ia sebarkan melalui akun media sosialnya.
    Rambut Merah Menyala, Suho Tampil Dalam Teaser Proyek Akan Datang
    Anggota terakhir EXO beri kejutan kepada penggemar. Suho baru saja meluncurkan sebuah foto teaser untuk proyek Obsession.Kelompok ini sebelumnya telah merilis teaser untuk Kai, Chanyeol, Sehun, Baekhyun dan Chen. Selain itu juga diluncurkan konsep trailer
    Para Bintang Dunia ini Pernah Berada Pada Momen Memalukan di Penghargaan Oscar
    Malam penghargaan Oscar selalu ditunggu-tunggu oleh para bintang dunia. Mereka berlomba-lomba untuk tampil menarik dan menantikan siapa pemenangnya. Namun di balik persiapan yang matang, ada juga yang mendapati momen memalukan!