Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Penelitian di Tiongkok: Sepatu Bisa Membawa Virus Corona

Penelitian di Tiongkok Sepatu Bisa Membawa Virus Corona

INDOZONE.ID - Penelitian mengenai virus corona terus dilakukan ilmuwan di berbagai negara. Mereka berharap bisa menemukan titik terang mengenai Covid-19 yang dianggap masih misterius.

Salah satunya, mengenai carrier atau pembawa virus corona. Sebelumnya dilaporkan, virus corona bisa bertahan di udara selama beberapa jam. Kini, Covid-19 juga bisa menempel di alas kaki atau sepatu yang tengah digunakan.

Hasil penelitian di sebuah rumah sakit di Tiongkok terhadap tenaga medis yang tengah bertugas, diketahui setengah dari mereka ternyata membawa virus corona di sepatu.

Indozone lansir dari Today.com, Senin (27/4/2020), penelitian menggunakan sampel Swab dari objek yang berpotensi terkontaminasi di bangsal rumah sakit, data dikumpulkan antara 19 Februari hingga 2 Maret 2020. 

Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Johns Hopkins University pusat keamanan kesehatan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, mengamini kondisi tersebut. Dia mengatakan sample biologis, seperti virus corona dapat ditularkan melalui segala macam benda, termasuk sepatu dan kain.

Sepatu.Sepatu.(freepik)

Tak Perlu Terlalu Khawatir

Meski begitu, Dr. Amesh Adalja menyebutkan masyarakat tak perlu khawatir. Sejauh ini, belum ada penelitian mendalam mengenai berapa lama virus dapat bertahan hidup pada kain atau permukaan lunak.

Penelitian sebelumnya justru mengungkap kondisi stabil virus corona pada plastik dan stainless steel. Dalam jurnal New England Journal of Medicine pada 16 April 2020 diketahui, virus corona bisa bertahan sampai dengan 72 jam pada permukaan dua bahan tersebut.

"Kelangsungan hidup virus dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Kondisi virus ini sebenarnya tidak terlalu kuat," sebutnya.

Dia menyebutkan, untuk menghindari membawa virus corona, lebih baik langsung melepas sepatu sebelum sampai ke dalam rumah. Setelah itu, mencuci baju yang tadi dipakai untuk keluar rumah.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar