Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Bolehkah Penderita Penyakit Jantung Berpuasa?

Bolehkah Penderita Penyakit Jantung Berpuasa

INDOZONE.ID - Puasa mungkin baik-baik saja jika dilakukan oleh orang yang sehat. Namun bagi penderita penyakit tertentu seperti penyakit jantung, amankah melakukan puasa?

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito Damay, puasa justru bagus untuk penderita penyakit jantung. Ini dikarenakan pola makan menjadi teratur dan tidak mengikuti nafsu untuk makan berbagai makanan. Sebab pada penderita penyakit jantung, tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan.

"Aman dong. Malah bagus karena terbiasa makan teratur dan nggak ikut nafsu," kata dr Vito Damay saat dihubungi Indozone, Senin (27/4/2020).

Jika ingin berpuasa, orang dengan penyakit jantung harus memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah rutin minum obat untuk menjaga kesehatan jantungnya selama berpuasa.

"Tetap minum obat rutin yang biasa diminum, ketika sedang sahur atau buka," ujarnya.

Namun, lanjut dr Vito, kondisi penderita jantung berbeda-beda, sehingga tidak semuanya dianjurkan untuk berpuasa. Begitu pula dengan obat-obatan yang harus mereka konsumsi, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

"Pasien dengan pengencer darah mungkin akan konsumsi obat ketika buka puasa agar makan lebih kenyang sebelum minum obat. Jadi saran ini secara personal bisa berbeda," pungkas dr Vito.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar