Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Sering Membungkuk di Depan Laptop? Ini Alasan Kamu Harus Berhenti

Sering Membungkuk di Depan Laptop Ini Alasan Kamu Harus Berhenti

INDOZONE.ID - Bekerja di depan laptop atau menonton film dari laptop cenderung membuat seseorang duduk membungkuk. Apalagi jika posisi meja cukup rendah. Namun jika terus-terusan terbiasa membungkuk saat di depan laptop, bisa berbahaya bagi tubuhmu lho.

Posisi membungkuk yang dilakukan terus-menerus bisa membuat postur tubuhmu berubah lho. Karena itu, untuk menguatkan postur tubuh, penting agar duduk dengan punggung dan bahu lurus.

"Melakukan ini akan membantu memperbaiki perataan tulang belakang leher dan dada, atau leher dan punggung bagian atas ke posisi yang lebih alami dan anatomis," kata Nancy Yen Shipley, ahli bedah ortopedi di Oregon, AS dikutip dari Popsugar.

Sering Membungkuk di Depan Laptop? Ini Alasan Kamu Harus BerhentiIlustrasi beraktivitas di depan laptop. (Pexels/Bruce Mars)


Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menjaga kaki bertumpu pada lantai alias tidak menggantung. Ini disebut bisa mengurangi ketegangan pada otot, ligamen, dan persendian di sekitarnya.

Duduk dengan tegak mungkin sulit dilakukan. Nancy menyarankan metode yang sederhana untuk membiasakan duduk tegak di depan komputer maupun laptop.

Caranya adalah dengan mencondongkan bahu ke depan, ke atas, lalu ke belakang. Menggerakkan bahu ke depan memnungkinkan rentang gerak yang lebih penuh agar otot meregang dengan baik.

"Memiliki tulang belakang yang lurus dapat membantu mengurangi keausan pada sendi dan mencegah kelelahan, serta rasa sakit di punggung. Otot-ototmu akan bekerja lebih efisien, yang berarti mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan secara menyeluruh," pungkas Nancy.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar