Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ada Fenomena Pilar Cahaya Misterius di Langit Pada Hari Pertama Ramadan, Pertanda Apa

Ada Fenomena Pilar Cahaya Misterius di Langit Pada Hari Pertama Ramadan Pertanda Apa

INDOZONE.ID - Pada hari pertama bulan Ramadan, ada fenomena tak biasa menghiasi langit Kedah, Malaysia. Seorang pria bernama Farizal Alimi berhasil mengabadikan fenomena garis cahaya yang membentuk pilar kecil.

Farizal merekam peristiwa ini di Kampung Baru, Kota Sarang Semut, sekitar jam 2:15 pagi waktu setempat. Pilar cahaya ini terbentuk selama 8-10 menit, sebelum kemudian menghilang.

Fenomena pilar cahaya di MalaysiaFenomena pilar cahaya di Malaysia (Facebook/Farizal Alimi)

Menurut Farizal, ketika fenomena ini terjadi cuaca saat itu sedang bagus. Hujan baru saja reda di sore hari dan tidak ada angin bertiup. Namun, fenomena ini bukanlah sesuatu yang gaib dan bisa dijelaskan secara sains.

Fenomena garis cahaya ini adalah fenomena alam biasa dan kebetulan saja terjadi di hari pertama Ramadan. Pilar cahaya disebabkan oleh pembiasan cahaya karena kristal es tergantung di udara.

Ahli meteorologi di AccuWeather David Samuhel, mengemukakan bahwa pilar cahaya bisa terjadi dalam kondisi cuaca yang baik, suhu dingin tapi tidak berangin.

Fenomena pilar cahaya di MalaysiaFenomena pilar cahaya di Malaysia (Facebook/Farizal Alimi)

"Biasanya, kristal es cukup kecil untuk tetap menggantung di udara dan hanya terbentuk ketika suhu dingin berada di bawah," ujar Samuhel dilansir dari siakapkeli.

Pilar cahaya ini tidak akan terjadi jika angin bertiup, karena angin bisa merusak pembentukan pilar cahaya. Kristal es sendiri mendapat sumber cahaya seperti dari lampu jalan atau lampu nelayan.

Warna pilar yang dihasilkan tergantung pada sumber cahaya yang menyinarinya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar