Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Efek Positif Lockdown Corona, Penyu Langka Kembali Terlihat di Pantai Phuket

Efek Positif Lockdown Corona Penyu Langka Kembali Terlihat di Pantai Phuket

INDOZONE.ID - Wisatawan yang membanjiri Phuket membuat salah satu jenis penyu langka takut untuk menepi ke pesisir untuk bertelur. Namun beruntung, di tengah wabah virus corona seperti saat ini, penyu langka kembali terlihat bertelur.

Adalah penyu belimbing, jenis penyu yang dikategorikan sebagai spesies terancam punah oleh pemerintah Thailand. Penyu tersebut memiliki masa bertelur hanya 2-3 kali dalam setahun. Kondisi itu yang membuat populasi penyu belimbing sangat sedikit.

Ditambah lagi, pantai-pantai di Phuket yang dipenuhi oleh aktivitas manusia membuat penyu itu takut untuk menepi ke pesisir pantai hanya sekedar untuk bertelur.

Namun beruntung, di tengah bahwa virus corona saat ini, Phuket yang memberlakukan lockdown bisa menarik kembali penyu-penyu belimbing untuk bertelur. Selama lockdown, pantai-pantai wisata di seluruh Phuket tidak ada lagi aktivitas manusia.

Pihak berwenang kini menemukan adanya 11 sarang penyu baru. Jumlah itu disebut sebagai yang tertinggi dalam 20 tahun terakhir ini.

"Ini adalah pertanda bagus bagi kami karena banyak area pemijahan yang hancur karena manusia," ujar Direktur Pusat Biologi Laut Phuket Kongkiat Kittiwatanawong.

Menurut dia, tahun lalu tidak ada sarang penyu sebanyak itu. Namun dengan terjadinya wabah virus corona, penyu-penyu itu berani kembali ke pesisir untuk bertelur.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar