Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Jumlah Nutrisi yang Harus Dikonsumsi

Jaga Daya Tahan Tubuh Ini Jumlah Nutrisi yang Harus Dikonsumsi

INDOZONE.ID - Kurang lebih sudah sebulan masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu dan beraktivitas di rumah. Ini merupakan cara agar tidak terinfeksi virus corona baru dan mengendalikan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas. Meskipun hanya berada di rumah saja, kesehatan harus tetap dijaga.

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah memastikan makanan yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh. Dikatakan oleh dokter spesialis gizi klinis, dr Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, kebutuhan nutrisi pada setiap orang berbeda-beda. Hal itu didasarkan pada jenis kelamin, usia, berat badan, dan aktivitas fisik yang dilakukan.

"Standarnya jumlah nutrisi yang dibutuhkan antara 1.500-2.000 kalori per harinya," ujar dr Raissa kepada Indozone saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (15/4/2020).

Lebih lanjut dokter yang sering membagikan tips dan edukasi di akun Instagram @dr.raissadjuanda itu mengatakan, bukan hanya jumlah asupan nutrisi saja yang perlu diperhatikan. Jenis makanan dan kandungan gizi juga menjadi bagian penting.

Pastikan setiap hari mengonsumsi gizi seimbang dan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

"Cara memenuhinya makan yang bervariasi setiap hari. Paling gampang dengan mengikuti panduan 'Isi Piringku'," kata dr Raissa.

Secara gampang, panduan Isi Piringku adalah setengah piring berisi karbohidrat dan lauk pauk. Kemudian setengah piring lain berisi sayur dan buah-buahan.

Selain itu, di tengah masa pandemi ini pastikan untuk mencukupi kebutuhan protein harian. Protein membantu menjaga daya tahan tubuh agar terlindungi dari penyakit.

"Protein itu bisa didapat paling gampang dari telur dan susu. Bisa juga ikan, daging ayam, daging sapi, tahu, tempe, dan kacang-kacangan," tandas dr Raissa.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar