Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Aktivitas Fisik Sederhana Mencegah Kanker, Yuk Terapkan!

5 Aktivitas Fisik Sederhana Mencegah Kanker Yuk Terapkan

INDOZONE.ID - Sampai saat ini, kanker masih menjadi penyakit berbahaya dan mematikan. Begitu pun, belum ada studi yang menunjukkan penyebab pasti penyakit kanker.

Data yang dirilis oleh International Agency for Research on Cancer tahun 2018, World Health Organization (WHO) menemukan sekitar 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian akibat kanker.

Selain itu disadari atau tidak, gaya hidup dan kebiasaan harian dari bangun tidur pagi sampai tidur malam dapat meningkatkan risiko kanker.

Sebelum kanker menyerang, ada baiknya kamu mulai melakukan berbagai aktivitas sederhana mencegah kanker, salah satunya berolahraga.

Aktivitas Sederhana Mencegah Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup sederhana yang baik bisa mencegah risiko semua kanker hingga 30-50%.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, inilah beberapa aktivitas sederhana mencegah kanker yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang:

1. Rajin Olahraga Kurangi Risiko Kanker

aktivitas fisik mencegah kanker rajin olahragaIlustrasi olahraga rutin di pagi hari (Pixabay)

Sebuah penelitian yang dilakukan National Cancer Institute AS melibatkan lebih dari 750.000 pria dan wanita. Hasilnya, rutin olahraga dapat mengurangi risiko kanker.

Di antaranya, kanker payudara, kanker usus besar, kanker endometrium, kanker ginjal, kanker hati, kanker myeloma, hingga kanker limfoma non-Hodgkin.

Dilansir Webmd, pedoman di AS merekomendasikan olahraga moderat 3-5 jam per pekan untuk orang dewasa atau olahraga berat 1-3 jam tiap minggu.

Sementara itu, The Department of Health and Human Services merekomendasikan minimal 150 menit per minggu untuk aktivitas aerobik.

Semakin rajin seseorang melakukan olahraga, maka semakin kecil pula risiko seseorang terkena penyakit kanker.

2. Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga

aktivitas pekerjaan rumah tangga mencegah kankerIlustrasi melakukan pekerjaan rumah tangga (Pixabay)

Mungkin terkesan sepele, tapi rajin melakukan tugas rumah tangga merupakan aktivitas fisik sederhana mencegah penyakit kanker.

Karena, aktivitas tersebut berpotensi membakar kalori atau lemak di dalam tubuh yang memicu kanker.

Beberapa contoh pekerjaan rumah tangga sehari-hari untuk mengurangi risiko kanker, seperti mencuci baju (3,56 kcal/menit), menyapu rumah (3,90 kcal/menit), menyetrika (4,2 kcal/menit).

Disarankan, lakukan pekerjaan rumah tangga tersebut setidaknya dengan durasi 10 menit setiap hari.

3. Berjalan Kaki di Sekitar Rumah

aktivitas fisik berjalan kaki mencegah kankerIlustrasi berjalan kaki (Pexels/Noelle Otto)

Pencegahan kanker bisa dimulai dari kebiasaan aktif bergerak. Misalnya, rutin berjalan kaki di sekitar rumah selama 15-30 menit.

Selain membakar kalori, kegiatan sederhana ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh, terutama menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Aktivitas fisik berjalan kaki di sekitar rumah juga dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi.

4. Berdiri Lebih Banyak

aktivitas mencegah kanker berdiri lebih banyakIlustrasi banyak berdiri (Pexels/Andrea Piacquadio)

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari dengan banyak duduk berisiko 24% lebih tinggi terkena kanker usus dan endometrium.

Senada dengan itu, studi lain menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak duduk menonton di depan TV berisiko 54% terkena kanker usus besar.

Untuk mencegah kanker sedari dini, hindari duduk terlalu lama. Bangun dan berjalanlah beberapa menit setiap satu jam sekali.

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

aktivitas berjemur sinar matahari mencegah kankerIlustrasi terpapar sinar matahari (Pexels/Elijah O'Donnell)

Tahukah kamu, sinar matahari memberi asupan vitamin D harian tubuh hingga 90%. Vitamin D membantu meningkatkan reproduksi sel tubuh serta mencegah pertumbuhan kanker.

Melansir Cancer.net, situs informasi pasien dari American Society of Clinical Oncology, penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D dapat mengurangi komunikasi antar sel yang menyebabkan sel kanker menyebar.

Karena itu, kadar vitamin D dalam tubuh harus cukup. Orang dengan kadar vitamin D rendah berisiko lebih tinggi terkena beberapa jenis kanker.

Di antaranya, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker lambung.

Selain kanker, penyakit lain yang cukup riskan pun bisa dialami orang yang kekurangan vitamin D, seperti diabetes, osteoporosis, multiple sclerosis, dan tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang tidak ada salahnya rutin berjemur di bawah sinar matahari setidaknya 15 menit sehari.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar