Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Gak Jadi Mudik? Begini Cara Refund Tiket Lewat Aplikasi 

Gak Jadi Mudik Begini Cara Refund Tiket Lewat Aplikasi

INDOZONE.ID - Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia adalah dengan menghimbau agar masyarakat tidak melaksanakan mudik pada saat Lebaran mendatang. 

Nah, persoalan selanjutnya ialah masyarakat sudah terlanjur membeli tiket mudik. Apakah tiket hangus begitu saja? Tidak. Uang kamu selamat, karena tiket bisa dikembalikan.

Dikutip dari laman Tiket.com. tiket bisa dibatalkan, dan pelanggan bisa mendapatkan pengembalian (refund) atas sejumlah uang yang sudah disetorkan.

"Kebijakan ini diharapkan dapat merespon serta menindaklanjuti permohonan customer dengan lebih cepat," demikian tulis pernyataan dalam laman tersebut. 

Bagi Anda pengguna aplikasi pemesanan tiket,  pihak manajemen mempersiapkan cara mudah bagi calon penumpang untuk melakukan refund tiket.

Berikut adalah langkah yang harus anda lakukan:

  1. Jika jadwal keberangkatan di tiket kurang dari 72 jam, maka permohonan akan diproses maksimal dalam 72 jam. Namun jika jadwal keberangkatan di tiket anda masih lebih dari 72 jam, maka permohonan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan tersebut.
  2. Bagi calon penumpang yang sudah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang sudah berlalu, anda akan dihubungi kembali melalui email dalam waktu maksimal 72 jam.

Selain permohonan untuk refund, ada pula kebijakan Open Ticket. Open Ticket merupakan proses pembatalan segment atau jadwal tiket yang masih aktif dengan tidak mengembalikan berupa uang tunai ke pihak penumpang. Namun, tiket dapat digunakan kembali selama masa berlaku tiket masih aktif.

"Sistem Open Ticket ini tentunya memiliki kebijakan yang berbeda-beda dari setiap maskapai ya, sobat tiket," demikian keterangan dalam informasi tersebut. 

Berikut adalah tata cara pengajuan Open Ticket

  1. Pengajuan Open Ticket harus dilakukan maksimal 48 jam sebelum tanggal penerbangan. Setelah Open Ticket diajukan, maka proses tidak dapat dibatalkan.
  2. Setelah Open Ticket diproses, maka penumpang dapat melakukan perubahan jadwal dikemudian hari dengan ketentuan yang tertera pada bagian regulasi maskapai.
  3. Tanggal penerbangan terbaru harus diinformasikan kepada pihak tiket.com sebelum masa berlaku tiket kamu kadaluarsa.
  4. Sesuai kebijakan maskapai terkait Covid-19, bahwa biaya perubahan jadwal tidak akan dikenakan ke penumpang. Namun selisih harga antara tiket baru dengan tiket lama tetap akan dikenakan ke penumpang (jika ada). Pembebasan biaya perubahan jadwal hanya berlaku jika tiket kamu memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh maskapai terkait Covid-19 (mengacu kepada kebijakan masing-masing maskapai).

Pihak tiket.com akan menginformasikan selisih harga antara tiket baru dengan tiket lama jika anda sudah menentukan dan memberikan tanggal terbaru kepada pihak tiket.com. Hal ini dikarenakan ketersediaan kursi yang bersifat fluktuatif dan selisih harga yang diberikan hanya memiliki batas waktu pembayaran maksimal 1 jam.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar