Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ada 4.000 Aplikasi Android yang Curi Data Agama dan Usia Penggunanya!

Ada 4000 Aplikasi Android yang Curi Data Agama dan Usia Penggunanya

INDOZONE.ID - Baru-baru ini ArsTechnica telah menemukan 4.000 aplikasi di Google Play Store yang diam-diam telah mengumpulkan data  pengguna. Data yang diambil juga cukup banyak sehingga membahayakan para pengguna.

Diketahui bahwa aplikasi tersebut mengumpulkan data pengguna mulai dari bahasa yang digunakan sehari-hari, agama, status hubungan, dan juga asal negara pengguna.

Tak hanya itu, yang lebih berbahayanya lagi, aplikasi tersebut juga mengumpulkan daftar aplikasi yang ada di smartphone pengguna. Dimana data yang mereka kumpulkan tersebut memiliki tingkat akurasi hingga 70 persen.

Kabarnya developer dari aplikasi tersebut memakai sistem IAM (Metode Instalasi Aplikasi Android) yang dapat berinteraksi dengan program lain di perangkat yang sama. Sementara sistem IAM sendiri adalah salah satu sistem yang terdapat di dalam API Google.

Biasanya sistem IAM ini digunakan di aplikasi VPN, Backup Software, pengelola notifikasi, anti-malware, penghemat baterai, dan juga firewall. Namun saat ini sistem tersebut malah disalahgunakan developer.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar