Indozone ID Menulis artikel
@indozone

#KAMUHARUSTAU Makanan Berlemak Bermanfaat untuk Kesuburan

KAMUHARUSTAU Makanan Berlemak Bermanfaat untuk Kesuburan

INDOZONE.ID - #KAMUHARUSTAU kalau kesuburan dipengaruhi oleh lemak dalam tubuh. Saat lemak dalam tubuh terlalu sedikit bisa menyebabkan terhentinya menstruasi, sehingga membuat kesuburan menurun.

Karena lemak berpengaruh pada kesuburan, jadi perlukah wanita konsumsi makan berlemak untuk meningkatkan kesuburan?

Makanan yang berlemak memang tidak secara langsung meningkatkan kesuburan wanita. Tapi lemak merupakan bahan baku untuk meningkatkan estrogen.

Tubuh memang bisa memproduksi cukup estrogen yang diperlukan untuk siklus menstruasi normal, meski tubuh kekurangan lemak.

Tapi seperti yang dilansir dari  Hormone Health Network, saat rendahnya jumlah estrogen bisa mengurangi frekuensi menstruasi, bahkan dapat menghentikannya sama sekali.

Saat kekurangan estrogen juga dapat memicu gejala yang mirip dengan menopause seperti, gangguan tidur, vagina mengering, perubahan mood, menurunnya gairah seksual, dan sensasi hangat atau panas pada tubuh.

Selain itu, kekurangan estrogen akan menghambat ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur dari ovarium. Ketika ovulasi tidak terjadi, sperma tidak dapat membuahi sel telur. Nah, akibatnya tingkat kesuburan menurun dan akan sulit hamil.

Dengan konsumsi makan makanan berlemak akan memberikan manfaat bagi kesuburan. Karena saat asupan lemak yang tercukupi akan mendukung berlangsungnya ovulasi sehingga pembuahan dapat terjadi.

Jadi penting untuk mendapatkan asupan lemak, supaya bisa hamil. Namun perlu kamu ketahui jenis lemak yang dapat membantu kesuburan ialah lemak tak jenuh, termasuk juga asam lemak omega-3.

Nah, berikut ini makan kaya lemak tak jenuh untuk menambah kesuburan, seperti ikan salmon, tuna, hering, makerel, teri, alpukat, kacang kenari, telur, daging ayam, biji labu, cokelat hitam dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar