Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Konsumsi Makanan Ini saat Hamil agar Kulit Bayi Sehat

Konsumsi Makanan Ini saat Hamil agar Kulit Bayi Sehat

INDOZONE.ID - Entah kebiasaan ini bermula darimana, tapi sejak dulu hampir setiap ibu hamil akan rutin mengonsumsi air kelapa muda dan bubur kacang hijau demi kesehatan bayi dalam kandungannya. Namun ternyata, hal tersebut bukan hanya mitos belaka lho.

Menurut ilmu kedokteran, saat seorang ibu sedang hamil maka tubuhnya dalam kondisi mengalami metabolisme yang tinggi. Sehingga sangat membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah yang lebih tinggi.

Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil sendiri masih harus terpenuhi baik itu makronutrien maupun mikronutriennya. Makronutrien berupa protein, karbohidrat, dan bahkan juga lemak tak jenuh sangat dibutuhkan selama dalam masa kehamilan. Begitu pula dengan mikronutrien berupa mineral, nutrisi ini juga sama pentingnya guna menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Dengan kebutuhan nutrisi yang berbeda dari saat sebelum melahirkan, maka harus diperhatikan dengan benar dari mana asupan nutrisi tersebut berasal. Ternyata hampir semua kebutuhan makronutrien dan mikronutrien sudah dapat ditemukan dalam kandungan air kelapa muda dan bubur kacang hijau.

Konsumsi Makanan Ini saat Hamil agar Kulit Bayi SehatIlustrasi kacang hijau. (reefoodtips)

Berbeda dengan kelapa yang sudah tua, air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang tinggi namun dengan jumlah kalori yang lebih rendah. Sehingga baik dalam membantu proses metabolisme tubuh.

Selain itu, kacang hijau dipercaya memiliki kandungan yang spesial dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya, terutama bagi ibu hamil. Kandungan protein nabati yang tinggi dalam kacang hijau, serta fosfor, kalsium, dan karbohidrat dalam jumlah yang cukup di dalamnya, sangat baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Bahkan lemak yang terkandung dalam kacang hijau pun merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk diserap tubuh. Hampir seluruh kandungan nutrisi pada air kelapa muda dan bubur kacang hijau sudah cukup mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan bagi ibu hamil.

Selain itu, dengan rutin mengonsumsi keduanya selama masa kehamilan, banyak yang mempercayai bahwa nantinya anak yang dilahirkan akan lebih cerdas dan memiliki kulit yang sehat, cerah, dan tidak kusam.

Jadi tidak salah bukan kalau para orang tua sejak dulu sudah sering menyarankan agar anak perempuannya yang sedang hamil untuk mengonsumsi air kelapa muda dan bubur kacang hijau.    


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar